Aptrindo Gelar Uji Kompetensi Pengemudi Angkutan B3

12 / 09 / 2017 - in News

Pengemudi Angkutan B3

Asosiasi Pengusaha Truk Indonesia (Aptrindo) menyelenggarakan Pelatihan dan Uji Kompetensi Pengemudi Angkutan Bahan Berbahaya dan Beracun (B3) pada tanggal 10-11 September 2017 di BCS Logistics, Cilegon, Banten.  Pelatihan ini melibatkan 16 pengemudi dari enam perusahaan, diantaranya PT Dunia Express Trasindo (Dunex), PT. Buana Centra Swakarsa  (BCS Logistics), Agility Indonesia, PT Krakatau Argo Logistics, PT Sarana Berkat Anugerah  dan PT Tasbita Bahari Kencana.

“Kami mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang terlibat mengadakan pelatihan ini. Karena tanggungjawab akan keselamatan transportasi adalah tanggungjawab pemerintah, namun karena keterbatasan yang ada maka sudah menjadi tanggungjawab bersama. Salah satu tanggungjawab pemerintah adalah berperan menyiapkan sumber daya manusia di bidang transportasi yang berkompeten,” jelas Pepen Supendi Yusuf, Kepala Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Dirjen Perhubungan Darat saat membuka acara.

Pelatihan berlangsung selama dua hari ini melibatkan empat instruktur yang berasal dari tiga instansi, yakni Asosiasi Perusahaan Transportasi Barang Berbahaya dan Beracun (APTB3), Politeknik Keselamatan Transportasi Jalan Tegal dan BCS Transport Academy. Pada hari pertama, peserta dibekali pengetahuan aturan dan Undang-undang transportasi, karakteristik barang atau bahan berbahaya dan beracun, tata cara pengangkutan B3 dan erencanaan keselamatan, keamanan, dan kesehatan kerja

Sementara pada hari selanjutnya, peserta memperoleh elatihan disiplin melalui Kesamaptaan, teori dan praktek mengemudi antisipatif keselamatan serta materi norma dan etika mengemudi. Menurut Supendi, aturan sertifikasi profesi sudah diatur undang-undang lalu lintas dan Angkutan Jalan Nomor 22 Tahun 2009 disebutkan, pengemudi dan pembantu pengemudi yang mengangkut barang khusus wajib memiliki kompetensi. Dengan adanya ketentuan tersebut, maka awak kendaraan sudah dinyatakan wajib memiliki kompetensi.

“Guna mengetahui kompetensi tersebut harus dilakukan melalui sertifikasi profesi yang prosesnya diawali dengan uji kompetensi.Tentunya, sebelum dilakukan uji kompetensi telah dilakukan pembekalan dan pelatihan, tutupnya.Terlaksananya pelatihan ini atas kerjasama Aptrindo dengan APTB3 yang difasilitasi oleh BCS Logistics sebagai tuan rumah.

Dalam pembukaan acara yang berlangsung 10 September 2017 di depan kantor BCS Logistics dihadiri petinggi BCS Logistis, yakni Maskawi, Direktur Utama BCS Logistics, Heri Iswayudi, Direktur Pengembangan BCS Logistics dan Andi Seto, General Manager BCS Logistics. Sementara Aptrindo diwakili Mustajab Susilo Basuki, Ketua DPD Aptrindo DKI Jakarta yang didampingi empat instruktur pelatih, yaitu Lilik Sankrip dan Angjono mewakili APTB3, Anton Budiharjo dari Politeknik Keselamatan Transportasi Jalan Tegal dan Jayusman dari BCS Transport Academy.

 

Teks: Abdul
Editor: Antonius
Foto: Aptrindo



Related Articles

Sponsors

GIIAS Medan Auto Show