Indonesia Truckers Club Talkbiz

Aptrindo Sumbar Minta Biosolar Dihapuskan

14 / 09 / 2017 - in Events, News
Biosolar

Masalah terkait penggunaan biosolar terungkap dalam Indonesia Truckers Club TalkBiz “Alternatif BBM, Solusi Efisiensi”, yang diadakan TruckMagz bekerja sama dengan Asosiasi Pengusaha Truk Indonesia (Aptrindo) DPD Sumatera Barat di Pangeran Beach Hotel, Padang, Kamis (14/Sept).

Indra, pengusaha truk dan SPBU di Sumatera Barat mengatakan, Delapan truknya harus dikalibrasi truk karena pakai biosolar. “Kami tidak bisa mengontrol sopir membeli biosolar atau Dexlite. Karena itu, kami berharap biosolar dihapus saja di Indonesia,” katanya.

Hal itu diamini Djony Thamrin dari Aptrindo DPD Sumatera Barat. Djony mengatakan, kalau bisa hapuskan saja biosolar, diganti dengan dexlite namun harganya disamakan dengan biosolar atau lebih murah daripada harga sekarang.

Choerniadi Tomo, Senior Specialist PT Pertamina (Persero) mengatakan, hal tersebut tidak termasuk dalam otoritas Pertamina namun di tangan pemerintah. “Kalau ingin menghapuskan biosolar dan menginginkan harga Dexlite sama dengan biosolar, harus melobi ke pemerintah,” ujarnya.

Ia menambahkan, aspek teknis dan legalistis penghapusan fame secara total sangat sulit. Tapi kalau bertujuan mengurangi penggunaan fame, mungkin bisa. Fame di Indonesia berasal dari kelapa sawit lebih baik daripada fame di luar negeri.”Kebijakan pemakaian fame sebesar 20 persen sudh diatur hukum positif. Kalau minta dikurangi, harus minta dispensasi ke pemerintah. Nanti dikasih yang namanya relaksasi, seperti yang diberikan kepada PT KAI dan TNI AL,” ujar Choerniadi.

Djony Thamrin juga menyoroti soal banyaknya minyak dari tambang rakyat di pinggir jalan, yang sering digunakan secara ilegal oleh sopir yang dapat merugikan pengusaha truk. “Bagaimana cara pemerintah mengatasi ini?” tanyanya.

Choerniadi mengatakan, mengenai solar liar, Pertamina sudah berkoordinasi dengan aparat keamanan. Jika memang masih terjadi maka Pertamina akan mencatat hal ini dan segera melaporkan ke pihak berwajib. “Untuk mengatur pembelian bahan bakar oleh sopir yang cenderung membeli bahan bakar yang lebih murah, bisa diusulkan penggunaan voucher Dexlite yang dapat berlaku di semua SPBU,” imbuh Choerniadi.

Choerniadi menjelaskan, harga biosolar ke Dexlite terjadi peningkatan sebesar 23 persen. “Tetapi harus diingat, Dexlite dapat meningkatkan efisiensi sebesar sembilan persen. Belum lagi penghematan dari biaya perawatan, biaya fuel, biaya filter, dan sebagainya,” katanya.

Biosolar
Gubernur Sumatera Barat menandatangani berita acara pelantikan Aptrindo DPD Sumatera Barat

Acara yang disponsori oleh Pertamina Dexlite, Isuzu, dan FAW itu menghadirkan narasumber lainnya, Tri Yuswidjajanto, ahli tribologi, konversi energi, dan perawatan mesin Institut Teknologi Bandung dan Basa Aritonang, Wakil Ketua Umum Bidang General Cargo DPP Aptrindo. Acara ini juga dirangkaikan dengan pelantikan pengurus Aptrindo DPD Sumatera Barat yang memilih Yurnalis sebagai ketua.

 

Teks: Ratna Hidayati
Editor: Antonius
Foto: Belinda



Related Articles

Sponsors

TruckMagz Konstruksi Indonesia

TruckMagz Transport, Logistics & Maritime

GIIAS TruckMagz 2017