Kualitas Solar Pengaruhi Kinerja Mesin

03 / 06 / 2016 - in Ask The Expert
IMG_0043_resize

Kualitas solar di Indonesia masih jauh dari kata bagus, apalagi dari hasil produksi penyulingan tradisional yang menjadi isu adanya Solar Cepu. Bagi pengusaha yang memiliki truk sebagai kendaraan operasional wajib mengingatkan kepada pengemudi untuk selalu mengisi bahan bakar minyak (BBM) jenis solar hanya pada SPBU.

Kandungan belerang berbeda-beda tergantung jenis solar, terlihat dari kandungan isi berdasar harga per liternya. “Secara umum kualitas solar dibedakan dari kadar cetane number. Makin besar makin bagus solarnya,” kata Wawan Sanjaya, pemilik bengkel injection pump Anugerah Diesel dan pemilik merek dagang Dizzo di Indonesia.

Kinerja mesin otomatis menjadi drop karena pemampatan dalam ruang bakar terganggu akibat kerak hasil sisa pembakaran BBM yang tidak bersih. “Baiknya para pengguna mesin diesel mulai mempertimbangkan asupan konsumsi solar yang digunakan sesuai anjuran dari pabrikan dengan teknologi yang diterapkan pada kendaraan dan secara berkala mengganti filter solar. Jika perlu ganti lebih sering dari biasanya. Karena ini sangat tergantung dengan berapa lama mesin digunakan” tambahnya.

Wawan menambahkan, kalau perlu bisa ditambahkan filter solar lagi jadi dobel saat akan masuk ruang bakar. “Dengan begini filter akan menyaring lebih halus lagi BBM yang akan masuk ke ruang bakar,” kata pria yang juga membuka konsultasi mengenai fuel injection pump ini

IMG_0006_resize

Wawan Sanjaya, Pemilik Bengkel Anugerah Diesel

 

Teks : Sigit A
Foto : Giovanni V
Editor : Antonius S

 

 



Sponsors

GIIAS Medan Auto Show