Bersama Kemenhub, Aptrindo Deklarasi Truk Pelopor Keselamatan

13 / 03 / 2017 - in News

Truk Pelopor Keselamatan

Asosiasi Pengusaha Truk Indonesia (Aptrindo) bekerjasama dengan Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mendeklarasikan truk pelopor keselamatan berlalu lintas. Acara ini sebagai salah satu wujud upaya menekan tingginya jumlah kecelakaan yang sering melibatkan truk, di terminal Koja, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Senin (13/Mar).

Hadir dalam acara tersebut, Dirjen Perhubungan Darat Kemenhub Pudji Hartanto, Ketua Aptrindo Gemilang Tarigan, Ketua Organisasi Angkutan Darat (Organda) Andrianto Djokosoetono, Wakil Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) bidang Perhubungan Carmelita Hartoto, Ketua Asosiasi Logistik  danForwarder Indonesia (ALFI) Yukki Nugraha dan Direktur Utama PT Jakarta Internatonal Container Terminal, Riza Rivan.

Pada akhir acara Pudji Hartanto mengatakan, kegiatan ini merupakan komitmen bersama melakukan perubahan terhadap sektor transportasi nasional sekaligus untuk menekan angka kecelakaan di jalan raya.”Bagaimana kita ke depannya menjaga keselamatan bagi para pengemudi angkutan kendaraan, dan keselamatan bagi pengguna jalan yang lain.Ini luar biasa, suatu sejarah bagaimana kita ingin melakukan perubahan dari sisi yang berkaitan dengan masalah keselamatan, dan kualitas pada usaha itu sendiri,” ujarnya.

Truk Pelopor KeselamatanTruk Pelopor Keselamatan

Wujud akan komitmen truk pelopor keselamatan berlalu lintas ditunjukan dalam sesi penandatanganan komitmen bersama keselamatan oleh 11 perusahaan angkutan barang yang dihadiri langsung pengusaha termasuk para pengemudinya. Ditambah lagi menyerahkan asuransi jiwa kepada pengemudi angkutan khusus pelabuhan yang diberikan oleh PT Telkom Indonesia.

Sementara bentuk lainnya, Aptrindo menyiapkan SIAB (Sistem Informasi Angkutan Barang), sebuah sistem berbasis IT yang dikembangkan PT. Telkom Indonesia. Bersamaan dengan acara dilakukan simulasi SIAB yang disampaikan langsung Mustajab Susilo Basuki, Ketua Aptrindo DPD DKI Jakarta dan Natal Iman Ginting, perwakilan dari PT Telkom Indonesia.

Keduanya memaparkan secara rinci cara kerja SIAB, yakni sistem layanan terpadu ke pelabuhan termasuk ke berbagai perusahaan atau instansi yang terpantau menggunakan RFID (Radio frequency identification). Di dalam SIAB sendiri berisikan database pengusaha truk, pengemudi, dan kendaraan.

 

Teks: Abdul
Editor: Antonius
Foto: Pebri



Related Articles

Sponsors

 

 

 

logo-chinatrucks300 327pix