OtoBus

Busworld South East Asia Jakarta Menyuguhkan Bus Ramah Lingkungan & Disabilitas

20 / 03 / 2019 - in News
Busworld South East Asia Jakarta

Busworld South East Asia Jakarta sebagai salah satu agenda dari Busworld pada tahun ini, resmi dimulai bertempat di Hall B3 JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat. Pameran skala internasional region Asia Tenggara di Jakarta ini mengusung tema Making Bus Transport Systems Attractive, Efficient and Affordable in South East Asia.

Pameran yang berlangsung selama tiga hari ini (20-22/03/2019) dihadiri sejumlah pelaku bisnis ternama di industri bus Tanah Air, seperti Laksana, New Armada, Esmak, Rac EV, ZF, Valeo, Voith, Sinar Continental. Tak ketinggalan keikutsertaan dua pabrikan bus asal Eropa, yakni Mercedes-Benz dan Volvo Bus.

“Kami berharap kegiatan ini bisa terus berlangsung di Indonesia karena memberikan event ini memberi peluang bagi kami untuk masuk ke pasar global,” kata Sommy Lumadjeng, Ketua Umum Asosiasi Karoseri Indonesia (Askarindo) di pameran Busworld South East Asia Jakarta, Rabu (20/3/2019).

Tema yang diusung Busworld South East Asia Jakarta untuk membuat sistem transportasi bus menjadi menarik, efisien dan terjangkau di Asia Tenggara, juga mengedepankan konsep bus listrik yang ramah bagi lingkungan serta angkutan massal yang ramah bagi kalangan disabilitas.

Busworld South East Asia Jakarta

Salah satu bus listrik yang juga ramah bagi kalangan disabilitas, yakni bus bikinan Mobil Anak Bangsa (MAB). Bus dengan kode seri MD12 E ini akan difungsikan sebagai salah satu line-up armada Jak Lingko dalam sistem transportasi terintegrasi di Jakarta dan sekitarnya.

Presiden Busworld International, Didier Ramoudt sangat mengapresiasi bus listrik garapan anak bangsa tadi. “Bagus sekali, teknologinya sama dengan yang ada di kebanyakan negara-negara di Eropa. Saya sangat mengapresiasi bus listrik buatan Indonesia ini,” ujar Didier di sela sesi walk around di pameran ini.

Busworld sendiri menjadi salah satu kiblat perkembangan bus di dunia. Pameran Busworld pertama kalinya digelar 46 tahun yang lalu di Kota Kortrijk, Belgia pada tahun 1971. Sejauh ini, Busworld telah diselenggarakan di tujuh negara, yaitu Belgia (Eropa), Rusia (Eurasia), Kolombia (Amerika Latin), China (Asia Timur), India (Asia), Mesir (Afrika), Kazakhstan (Asia Tengah).

“Indonesia merupakan negara kedelapan yang mewakili wilayah Asia Tenggara. Pameran Busworld ini merupakan satu kebanggaan bagi Indonesia karena kita yang ditunjuk sebagai tuan rumah Busworld Asia Tenggara 2019,” kata Baki Lee, Direktur PT Global Expo Management (GEM Indonesia) sebagai local partner Busworld di Jakarta.

 

Editor: Antonius
Foto: Anton



Related Articles

Sponsors

NEW_327X300_

NEW_327X300_

web-banner-327x300 truck

logo-chinatrucks300 327pix