CeMAT Southeast Asia Jadi Barometer Industri Logistik Nasional

02 / 03 / 2017 - in Events, News
CeMAT Southeast Asia

Pameran industri logistik dan pendukungnya, CeMAT Southeast Asia-TransAsia Jakarta-ColdChain Indonesia, resmi dibuka oleh Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD City, Serpong, Tangerang Selatan. Acara yang berlangsung mulai hari ini, Kamis (2/Mar), hingga Sabtu (4/Mar) ini diharapkan dapat meningkatkan daya saing industri logistik Tanah Air di tingkat global.

Menhub mengungkapkan bahwa pemerintah sangat mendukung upaya mewujudkan perbaikan di sektor logistik, salah satunya melalui pameran di bidang logistik berskala internasional yang diadakan di Indonesia. “Kegiatan ini diharapkan juga dapat menggali serta mengelola dengan lebih baik lagi potensi-potensi di bidang logistik yang ada di Indonesia. Sehingga diharapkan dapat menigkatkan daya saing logistik nasional maupun di tingkat internasional,” kata Menteri Budi saat peresmian pembukaan pameran CeMAT Southeast Asia, TransAsia Jakarta, dan ColdChain Indonesia, Kamis (2/Mar).

CeMAT Southeast Asia sendiri merupakan bagian dari CeMAT Worldwide sebagai pameran intralogistik terbesar dunia dari Deutsche Messe yang telah sukses diadakan di Jerman, Italia, Rusia, India, Australia, Amerika Selatan, dan China. Sementara di kawasan Asia khusunya wilayah Asia Tenggara, gelaran ini hanya diselenggarakan di Indonesia menggandeng PT Debindo-ITE.

Sedangkan TransAsia Jakarta dan Cold Chain lndonesia merupakan bagian dari ITE Transport & Logistics Show Series yang diselenggarakan di berbagai negara termasuk Translogistica Rusia. Selama 3 hari pameran, CeMAT Southeast Asia, Trans Asia Jakarta, ColdChain Indonesia 2017 diisi beragam konferensi internasional bertema Accelerating lnterconnectivity: ASEAN and Beyond. Pameran ini diikuti oleh 98 Exhibitor dari 15 negara yaitu Belanda, Belgia, Czech, China, india, Italia, Jepang, Jerman, Korea Selatan, Malaysia, Singapura, Taiwan, Uni Emirat Arab dan Vietnam serta lndonesia sebagai tuan rumah.

CeMAT Southeast Asia

Pertemuan skala global ini juga menghadirkan para pembicara kunci dari kalangan pembuat kebijakan yaitu Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto, serta Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara. Selain itu, pembicara kompeten yang tampil memberikan presentasi adalah Bambang Eka Cahyana selaku Direktur Utama PT Pelabuhan Indonesia I (Pelindo I), serta Denny Fikri selaku Direktur Utama PT Angkasa Pura Cargo.

Pembicara dari kalangan tokoh bisnis Asia Pasifik yang ikut berbagi pengalaman antara lain Myung Soo Chun Chairman Korea Food Cold Chain Association, George W. Prest CEO Material Handling industry of America, Dr Jonathan Beard Head of transportation and logistics consultancy in Asia for Arcadis, dan Grant Winescott Senior Director of Technology Ecosystem Expansion Atlanta. Pakar logistik dari dunia akademik juga akan hadir antara lain Prof. Caroline Chan dari RMIT University Australia dan Prof. Dr. ir. Teuku Yuri M. Zagloel dari Universitas Indonesia, serta masih banyak lagi tokoh dan pejabat tinggi.

Menurut Presiden Direktur PT Debindo-ITE Effi Setiabudi, pameran yang pertama kalinya digelar di Indonesia dan di kawasan ASEAN ini merupakan pameran yang memadukan dengan konferensi internasional di sektor industri rantai pasok logistik. “Kami bekerja sama dengan Deutsche Messe dan ITE Group Plc dengan menampilkan tiga pilar industri logistik meliputi intralogistics, external logistics dan cold-chain,” tambah Effi.

Effi mengatakan, acara yang dirancang khusus sebagai business platform bagi para pelaku dan pelanggan layanan bisnis di sektor supply chain. “Asosiasi Logistik dan Forwarder lndonesia (ALFI) dan Asosiasi Logistik lndonesia (ALI) menjadi co-organiser, sebagai bentuk kemitraan sinergi dan dukungan terhadap program dan kebijakan pemerintah dalam meningkatkan kualitas layanan logistik dan transportasi multimoda Indonesia,” ujarnya.

Editor: Antonius
Foto: Anton



Related Articles

Sponsors

TruckMagz Konstruksi Indonesia

TruckMagz Transport, Logistics & Maritime

GIIAS TruckMagz 2017