Dirjen Perhubungan Darat Minta Pengusaha Angkutan Didik Para Pengemudinya

11 / 11 / 2019 - in News

Banyaknya kasus kecelakaan lalu lintas melibatkan truk masih jadi pekerjaan rumah yang besar, khususnya dalam bisnis transportasi logistik Indonesia. Direktorat Jenderal Perhubungan Darat, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menyoroti hal ini dari perspektif sumber daya manusia (SDM)-nya, yakni pengemudi termasuk keahlian sopir dalam mengendalikan kendaraannya.

Direktur Jenderal Perhubungan Darat, Kemenhub, Budi Setiyadi mengatakan, sekarang sudah waktunya seluruh pemangku kepentingan berkomitmen meningkatkan aspek keselamatan dalam industri angkutan barang. “Saya melihat dari kejadian kecelakaan yang terjadi di Tol Cipularang beberapa waktu yang lalu, itu lingkungan kerjanya kotornya bukan main. Saya beranggapan bahwa, di mana kita hidup di lingkungan yang kotor maka itu akan berpengaruh kepada perilaku kita. Daripada kita menyaksikan pengemudi kita ugal-ugalan di jalan, mungkin sebaiknya kita yang berperan untuk memperbaiki lingkungan kerja kita sendiri terlebih dulu,” kata Budi.

Budi mengatakan, dalam hal SDM di bisnis trucking terutama pengemudi, Ia berkeinginan satu saat nanti para pengemudi truk Indonesia bisa seperti pilot atau masinis yang berseragam rapi dan tahu aturan. “Pada intinya adalah, bagaimana kita memperlakukan pengemudi itu sebagai investasi, pengemudi juga manusia yang perlu kita tingkatkan kualitasnya,” ungkapnya.

“Mungkin yang namanya pengemudi itu, kalau memang dia tidak menjadi aset di dalam struktur bisnis para pengusaha trucking, paling tidak pengemudi ini harus dididik, dilatih, kemudian dimanusiakan dan diberi seragam yang baik. Memang untuk membuat satu lingkungan kerja yang baik itu butuh investasi. Intinya begini, mau selamat kok tidak mau keluar biaya,” kata Budi. Ia menegaskan bahwa selama ini masih banyak sopir truk yang tidak memedulikan keselamatan berkendara.

Ia lantas mencontohkan truk angkutan hasil bumi seperti gabah. “Sudah muatannya tinggi walaupun muatannya mungkin saja ringan karena itu hanya gabah, tetapi tata cara muatnya tidak benar. Mungkin ini karena kurangnya awareness dari kita sehingga mereka tidak memahami bahayanya. Apakah kita mau terus-menerus menyalahkan pengemudinya? Atau mungkin menyalahkan pemerintahnya yang membuat jalannya terlalu kecil dan sebagainya. Kejadian truk oleng dan terbalik di jalan-jalan yang kecil itu disebabkan dari kurangnya pemahaman para pengemudi terhadap kondisi jalan, ini juga harus kita perhatikan,” ujarnya.

Pahami Kendaraan & Kondisi Jalan

Sementara itu, pihak agen pemegang merek (APM) juga mengimbau para pengemudi truk untuk memahami betul karakter kendaraan serta kondisi jalan yang dilewatinya. Hal ini disampaikan Senior Executive Officer Technical and Service PT Hino Motors Sales Indonesia, Irwan Supriyono. Menurut Irwan, pihaknya telah melakukan pengecekan terhadap dua unit dump truck Hino yang terlibat kecelakaan di Tol Cipularang awal September lalu.

“Temuan di lapangan menunjukkan, semua sistem rem dan kemudi pada kedua truk tersebut dalam keadaan standar dan berfungsi normal atau tidak blong. Kami imbau pengemudi untuk mengoperasikan kendaraan sesuai dengan ketentuan dan kondisi jalan, karena apabila kendaraan dengan muatan penuh dikendarai dengan kecepatan tinggi, terlebih di jalan menurun, tentu akan sangat sulit untuk dikendalikan. Gaya gravitasi mengakibatkan momentum kendaraan yang semakin besar. Sehingga pengereman menjadi berat dilakukan, apalagi jika hanya mengandalkan rem kaki (brake pedals),” kata Irwan menjelaskan.

Irwan pun memberikan sedikit tips yang sebaiknya dilakukan pengemudi truk ketika melewati jalan menurun. “Sopir harus memastikan bahwa kendaraan telah menggunakan gigi rendah atau di bawah gigi empat, kemudian gunakan engine brake dengan cara melepas pedal gas. Selanjutnya aktifkan rem gas buang atau exhaust brake, dan gunakan pedal brake untuk menjaga putaran mesin dan kecepatan kendaraan,” ujarnya.

 

Editor: Antonius
Ilustrasi: Pengemudi Truk-Anton

 

 



Related Articles

Sponsors

 

 

AFFA-logisticsphotocontest 

logo-chinatrucks300 327pix