ExxonMobil Sodorkan Teknologi Pelumas Berkualitas

22 / 12 / 2016 - in Berita, Info Produk

Sebagai wujud komitmen dalam mendukung perkembangan industri manufaktur di tanah air, ExxonMobil telah memerkenalkan jajaran produk pelumas unggulan, khususnya pelumas MobilTM Industrial dan Mobil GreaseTM pada pameran Manufacturing Indonesia 2016 yang berlangsung pada awal Desember 2016 di JiExpo Kemayoran, Jakarta.

Teknologi pelumasan mesin yang disodorkan ExxonMobil ini untuk menjawab tantangan industri manufaktur di Indonesia dalam meningkatkan produktivitas, mengurangi kemungkinan downtime yang tak terduga, serta meningkatkan durabilitas peralatan mesin industri dalam jangka panjang.

Berdasarkan laporan International Yearbook of Industrial Statistics 2016, industri manufaktur di Indonesia dinyatakan telah memberikan kontribusi hampir seperempat bagian dari produk domestik bruto (PDB) nasional. Menurut Direktur Jenderal Organisasi Pengembangan Industri Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNIDO), saat ini Indonesia berhasil mencapai peringkat 10 besar negara industri manufaktur di dunia.

Seiring berkembangnya industri manufaktur di Indonesia, tentu perusahaan yang bergerak di berbagai sektor industri manufaktur akan terus berkompetisi dalam mencapai tujuan bisnisnya. Oleh karena itu, memastikan produksi dan operasional mesin yang efisien merupakan suatu keharusan bagi para pemain di sektor industri manufaktur dalam negeri.

Guna mendukung keberlangsungan bisnis di sektor industri, tidak bisa dipungkiri bahwa pelumas merupakan komponen yang tak terpisahkan untuk menjaga performa mesin. Komponen-komponen mesin yang bergesekan harus diberi pelumasan secara benar agar dapat bekerja dengan baik dan tahan lama dengan memperhatikan jenis dan kualitas pelumas sehingga pemilihan dan penggunaan pelumas yang sesuai dengan kebutuhan mesin industri akan sangat membantu meningkatkan kinerja mesin tersebut. Selain berfungsi mendinginkan mesin, pelumas juga berfungsi membersihkan mesin dengan mengangkut kotoran dan elemen logam pada mesin.

“Bayangkan pelumas bagi mesin ibarat darah yang dipompa oleh jantung, mengalir ke seluruh bagian tubuh manusia guna membawa oksigen, makanan, vitamin dan unsur penting lain yang membuat kita hidup dan tubuh kita berfungsi normal. Pada mesin industri, pelumas juga mengalir ke seluruh bagian mesin untuk melumasi semua komponen mesin yang bergerak dan bergesekan supaya lebih lancar. Pelumas mesin juga ikut menjaga suhu mesin, terutama saat bekerja pada suhu tinggi serta membersihkan kotoran akibat gesekan dan pembakaran. Tentu performa mesin juga akan bergantung pada kualitas pelumasnya,” jelas Sigit Wibowo, Business Venture Manager, ExxonMobil Lubricants Indonesia.

Sigit mengatakan, ExxonMobil memahami bahwa seiring dengan meningkatnya permintaan industri modern yang menuntut peralatan melebihi batas kapasitas, maka formula grease yang tepat mampu meningkatkan kinerja dan produktivitas mesin serta menghemat biaya operasional. “Mobil GreaseTM membantu mencegah kerusakan pada mesin dan memperpanjang usia mesin berkat formula canggih yang terdapat dalam komponen pelumas Mobil GreaseTM. Selain itu, Mobil GreaseTM mampu menjaga performa mesin bahkan ditengah kondisi yang paling ekstrim seperti dari suhu yang sangat tinggi beralih ke suhu yang rendah, kontaminasi air, hingga beban kerja yang berat dengan kecepatan yang bervariasi,” urainya.

Mobil GreaseTM sudah banyak digunakan pada perusahaan-perusahan di berbagai penjuru dunia. Seperti di Kanada, sebuah perusahaan gergaji mengoperasikan pellet mill dengan pelumas Mobilgrease XHP™ 461 untuk meningkatkan usia mesin dan komponen lainnya. Menurut Sigit, Mobil GreaseTM diformulasikan dengan teknologi lithium yang canggih dan dirancang untuk memenuhi kebutuhan peralatan yang sering berada dalam temperatur tinggi karena memiliki tingkat adhesi yang luar biasa, stabilitas struktural dan resisten terhadap kontaminasi air bahkan dalam kondisi ekstrim. Terbukti, dengan menggunakan pelumas ini, perusahaan berhasil meningkatkan usia mesin hingga tiga kali lipat dan secara signifikan mengurangi donwtime peralatan yang tidak terencana, sehingga mendorong penghematan tahunan sebesar USD 21.000 atau setara Rp 281.850.453,53.

Sementara di Rusia, lanjut Sigit, perusahaan produksi insulasi yang mengoperasikan ‘Gamma Meccanica’ roller conveyor line untuk memproduksi insulasi panas, menggunakan Mobilgrease XHP™ 222 yang diusulkan oleh teknisi ExxonMobil. “Perusahaan melihat bahwa usia mesin meningkat sebesar 50% sehingga dapat mengurangi konsumsi grease hingga 1,5 kali lipat dan kegagalan bearing sekitar 3 kali lipat. Ini karena Mobilgrease XHP™ 222 lebih stabil secara struktur dan memiliki tingkat adhesi yang sangat tinggi. Selain itu, produk ini juga sangat resisten terhadap panas dan degradasi oksidatif, ditambah lagi anti-wear dan properti EP-nya sangat canggih sehingga dapat menyediakan proteksi bearing yang lebih tahan lama,” katanya.

Sedangkan di Indonesia sendiri, salah satu produsen tekstil yang berlokasi di daerah Banten telah menggunakan Mobil SHC 629 pada dua mesin LMW Comber LK 64 dan mampu meningkatkan periode penggantian pelumas hingga 2 kali lipat, dari sebelumnya setiap 3.000 jam menjadi 6.000 jam dan suhu selama operasional berkurang menjadi 117°F (47°C) dari 133°F (56°C). “Perusahaan ini juga berhasil melakukan penghematan tahunan sebesar USD 2.240 atau Rp 30.105.816,” tutup Sigit.

 

Editor: Antonius

 

 

 

 

 



Related Articles

Sponsors

logo-chinatrucks300 327pix