OtoBus

Fokus dengan Bus Masa Depan, Busworld Jakarta Angkat Sisi Sejarah Bus Indonesia

22 / 03 / 2019 - in News
Sejarah Bus Indonesia

Sisi keunikan yang tersaji di event Busworld South East Asia Jakarta (20-22/03/2019) di JIExpo Kemayoran adalah kehadiran sejumlah bus lawas yang pernah berkontribusi menjadi angkutan umum masa lalu di Indonesia, yang dikemas dalam slot pameran Indonesia Classic and Unique Bus (Incubus) 2019 bertajuk Legenda Transportasi Indonesia.

Menurut A. M. Fikri selaku Koordinator Incubus 2019, sejak tahun 2017 Incubus punya misi mendekatkan masyarakat dengan transportasi umum melalui sejarah masa lalu dari kendaraan angkutan massal yang pernah ada di Tanah Air. “Kegiatan ini merupakan bagian dari edukasi masyarakat untuk melestarikan sejarah transportasi di Indonesia,” kata Fikri.

Sejumlah kendaraan angkutan umum masa lalu yang berpartisipasi di ajang Busworld South East Asia Jakarta, mulai dari angkutan perkotaan seperti bemo dan taksi, angkutan pedesaan yang kondang dengan sebutan kol (Colt), hingga bus.

Fikri mengatakan, khusus pameran Incubus 2019 yang mengangkat tema Legenda Transportasi Indonesia, karena kebetulan tahun ini ada pameran Busworld South East Asia yang baru pertama kali digelar di Indonesia. “Pameran Busworld South East ada sesi diskusi yang digelar oleh Busworld Academy dengan fokus tren dan sistem transportasi masa depan. Sementara di Indonesia, classic and unique bus membuktikan bahwa ada jejak sejarah masyarakat Indonesia sudah dekat dengan transportasi publik sejak lama,” ujarnya.

Dalam pameran bus klasik kali ini hadir 19 kendaraan klasik dan unik, seperti truk ringan Chevrolet tahun 1927 yang dibuat di pusat perakitan General Motors di Tanjung Priok. Ada pula bus yang masuk kelas premium pada eranya, yakni Mercedes-Benz OH-1113 yang dikenal dengan sebutan bus Banteng, dan Neoplan yang menjadi bus rakitan massal pertama bersuspensi udara di Indonesia. Bus Neoplan merupakan bus dengan rangka monocoque pertama yang dibuat Karoseri Adiputro, Malang.

Selain itu juga hadir bus PPD tahun 1971 berbasis Mercedes-Benz OF 1113 Superior Coach yang juga dikenal dengan sebutan bus roti tawar, serta bus ex-KTT Non Blok 1991. “Sebetulnya kami berharap bus Transjakarta vintages series bisa kami tampilkan seperti tahun-tahun sebelumnya, sebagai bridging sejarah bus masa lalu dengan bus modern saat ini. Sayangnya bus itu gagal hadir di saat-saat terakhir,” ungkap Fikri.

 

Editor: Antonius
Foto: A.M. Fikri



Related Articles

Sponsors

NEW_327X300_

NEW_327X300_

web-banner-327x300 truck

logo-chinatrucks300 327pix