Fungsi Penopang Sasis Untuk Kekuatan Body Karoseri

17 / 02 / 2017 - in Ask The Expert
IMG_0165 e

Sebagian besar truk tersusun dari rangkaian logam dari jenis dan ukuran serta beberapa karakteristik yang berbeda. Materi tersebut bisa memiliki bentuk dan fungsi mulai dari persegi hingga persegi panjang. Masing-masing memiliki kegunaan yang berbeda dan kekuatan yang sudah diperthitungkan sebagai rangka dari konstruksi kendaraan.

Pihak produsen dalam membangun body sudah membuat struktur sekuat mungkin untuk menghindari kerusakan. Namun, hasil ini bisa saja sia-sia jika karoseri tidak memperhatikan standar pemakain bahan, pemasangan rangka dan distribusi beban. Setiap ATPM punya jenis sasis yang berbeda dengan lain. Salah satu ATPM kendaraan komersil memiliki sasis jenis grip hole. Khusus untuk sasis ini memerlukan penguatan dari penopang yang mendukung U-bolt dan bracket bolt.

Eko Siwanto Supervisor Produksi Master Karoseri menuturkan bahwa pengaruh penopang ini pada sasis grip hole besar sekali “Misalkan jika bolt dikerasi sehingga jika tanpa penopang, sasis akan kalah atau tertarik. Agar kuat didalam side rail diberi ini. Bahaya sekali jika lama-lama sasis dibiarkan tertekan. Lambat laun akan pecah dan bisa patah” tegas nya. Ini berarti penopang menambah kekuatan pada bagian side rail dimana area tersebut dibutuhkan penguatan. Setiap bentuk karoseri ada beberapa daerah yang memerlukan penguatan, dan produsen sudah menyediakan titik-titik lubang penguatan. Sehingga karoseri atau konsumen tidak perlu melubangi sasis. Tebal materi plat besi penopang berkisar antara 3 – 6 mm. Tebal materi plat ini tergantung letak dan bentuk penopang.

Menurut Eko banyaknya penguatan pada sasis ini tergantung dari panjang sasis, ukuran ban dan permintaan kustomer. “Untuk alasan ketiga ini Eko kadang harus terlebih dulu menjelaskan kepada kustomer bahwa kendaraan yang dipesannya memerlukan banyak titik penguatan. Sehingga saat body karoseri naik ke atas unit semua akan seimbang. Titik penguatan ini sedikit berbeda antara dump truck, truk kargo, truk bak dan truk tangki “ tambahnya.

Teks : Sigit A

Foto : Giovanni V



Sponsors

GIIAS Medan Auto Show