Hari Kedua, GIIAS 2017 Kedatangan Wapres JK

11 / 08 / 2017 - in Auto Show, News
Wapres JK

Wakil Presiden Indonesia Jusuf Kalla mengunjungi pada hari kedua Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2017, Jumat (10/8). Dalam kunjungannya itu Jusuf Kalla sekaligus membuka Gaikindo International Automotive Conference (GIAC) yang ke-12. Didampingi Menteri Perindustrian Airlangga Hartato dan Ketua Umum Gaikindo Yohanes Nangoi, Jusuf Kalla berkeliling mengunjungi beberapa stan pameran mobil.

“Acara ini penting untuk kepentingan industri otomotif dalam negeri. Industri otomotif di banyak negera memiliki kontribusi signifikan karena berdampak positif terhadap perekonomian. Jika industri otomotif berkembang maka industri penunjang lainnya juga akan berkembang yang tentunya memberi jutaan lapangan pekerjaan,” kata Wapres Jusuf Kalla (JK) dalam pidatonya.

Menurut JK, di banyak negara kendaraan dapat diproduksi secara mandiri, tapi setiap negara memiliki pasar yang khas, lingkungan yang khas dan kondisi geografis yang khas. Karena itu mobil yang di luar negeri tidak semua memiliki nilai pasar yang sama dengan Indonesia. Persaingan industri otomotif semakin ketat dengan banyak produsen menekan biaya produksi dengan mengurangi penggunaan tenaga manusia kemudian diganti dengan robotic.

“Tapi dalam suatu forum yang dihadirinya di Jepang, ia pernah mengatakan, bahwa penggunaan teknologi robotic dalam produksi akan berpotensi mengurangi penjualan. Sebab menurutnya, ketika banyak tenaga manusia yang dilibatkan akan bisa meningkatkan penjualan kendaraan,” ujarnya.

Terkait penyelenggaran konfrensi, menurut Ketua Umum Gaikindo Yohanes Nangoi, konferensi ini dihadirkan untuk mengeksplorasi faktor-faktor kunci keberhasilan industi otomotif Indonesia, yang diharapkan lebih kompetitif dan dapat berkontribusi positif terhadap ekonomi nasional.

”Saat ini salah satu tantangan industri otomotif adalah upaya mempertahankan ketersediaan energi secara berkelanjutan. Karena konsumsi energi yang tinggi saat ini akibat jumlah kendaraan yang terus meningkat, oleh sebab itu dibutuhkan teknologi untuk membuat kendaraan yang semakin efisien dan ramah lingkungan,” kata Nangoi.

 

Teks: Abdul
Editor: Antonius
Foto: Pebri

 

 



Related Articles

Sponsors

GIIAS Medan Auto Show