Hino: Fitur ABS Bukan Jaminan Keamanan Truk

21 / 02 / 2019 - in News

PT Hino Motors Sales Indonesia (HMSI) selaku agen pemegang merek truk dan bus Hino di Tanah Air, memperkenalkan beberapa fitur baru di varian New Ranger, salah satunya fitur anti-lock braking system (ABS). Sejauh ini anggapan awam seputar ABS masih salah kaprah, karena menganggap dengan adanya fitur ini lantas dapat mencegah truk terguling.

Senior Executive Officer Service and Sparepart HMSI, Irwan Supriyono mengatakan, fitur ABS ini diperlukan terutama di medan yang licin untuk mencegah kendaraan tergelincir pada saat panic braking atau pengereman mendadak. “Fitur ABS tidak menjadi faktor utama untuk mengurangi kecelakaan,” kata Irwan. Hal ini ditegaskannya mengingat pihak kepolisian dan KNKT (Komite Nasional Keselamatan Transportasi) kerap meminta Hino melakukan penyelidikan terkait penyebab kecelakaan truk.

“Dari hasil penyelidikan yang telah kami lakukan kami coba summary, ada beberapa faktor penyebab kecelakaan truk dan terbanyak adalah karena fatigue atau kelelahan pengemudi. Ada juga yang disebabkan kelalaian dalam melakukan maintenance, karena dalam sistem pengereman banyak sekali yang harus di-maintain,” ujar Irwan.

Perawatan rem, menurut Irwan, seperti ketebalan kampas rem dan celah kampas dengan brake drum-nya perlu diperhatikan, karena penggantian dan penyetelan harus sesuai dengan buku manual servis yang dikeluarkan oleh pabrikan kendaraan. “Kemudian kebocoran angin perlu dicek karena produk kami sudah menggunakan full-air brake, sehingga sistem saluran kompresi udaranya harus diperhatikan dan dijaga baik-baik. Jadi ABS bukan faktor utama untuk menjamin safety, tetapi memang penting untuk meminimalkan terjadinya accident,” katanya menjelaskan.

Fitur ABS ini memang baru dirilis Hino Indonesia lantaran adanya permintaan dari customer loyalnya. “Sebetulnya fitur ABS ini bisa dibilang memang permintaan dari pihak Pertamina yang mensyaratkan spesifikasi ABS di armadanya. Alasannya yang pasti masalah safety, tetapi kalau fitur ABS dikaitkan dengan jaminan keamanan, saya bilang ya tidak melulu gara-gara ABS lantas semuanya aman. Itu semua tergantung bagaimana melakukan perawatannya, karena ABS hanya sebagai alat saja dan pastinya alat juga butuh perawatan,” ujar Santiko Wardoyo, Sales and Promotion Director HMSI.

Meski diawali dari permintaan pihak Pertamina, namun Hino Indonesia tidak menutup kemungkinan mengadakan fitur ABS pada unit yang dijual ke konsumen umum. “Kalau customer memang mau dikasih ABS ya monggo, kami juga bisa meng-installed fitur ABS untuk permintaan mereka. Tapi menurut saya spesifikasi standar tanpa ABS sudah cukup buat customer umum, yang penting perawatannya benar. Produk Hino tanpa ABS sudah pakai sistem full-air brake dan itu sebetulnya sudah cukup,” kata Santiko.

 

Editor: Antonius
Foto: Anton



Related Articles

Sponsors

 

 

AFFA-logisticsphotocontest 

logo-chinatrucks300 327pix