I-Shift Terbaru Dibekali Gigi Crawler yang Sangat Lamban

03 / 04 / 2016 - in Berita

Volvo Truk telah meluncurkan transmisi I-Shift terbarunya dengan gigi crawler. Dari keterangan resmi Volvo, gigi crawler pada transmisi otomatis I-Shift terbaru ini diklaim mampu melakukan start secara luar biasa dengan gerakan yang sangat lamban dan halus.

I-Shift dengan gigi crawler baru ini mampu mendorong truk dengan beban muatan mencapai 325 ton (gross combination weight/GCW), dari kondisi benar-benar diam kemudian melaju dengan kecepatan rendah antara 0,5-2 km/jam. Kemampuan merayap dengan smooth ini dipercaya dapat membantu dalam tugas-tugas berat seperti di area pembangunan/konstruksi, maupun untuk penggunaan sebagai armada kendaraan maintenance untuk storing.

“I-Shift dengan gigi crawler menawarkan ruang lingkup yang sama sekali baru untuk truk berat yang sudah mengaplikasi transmisi otomatis, untuk mengatur kecepatannya ketika merangkak perlahan dan untuk mundur. Pengemudi dapat mengangkut beban berat tanpa perlu khawatir akan terjadi situasi yang dapat menyebabkan kendaraan selip,” kata Peter Hardin, Product Manager FM dan FMX, Volvo Trucks.

Hardin mengatakan jika kemampuan berkendara akan jauh lebih baik, dan kemampuan start dengan gigi crawler baru membuat pekerjaan sopir jauh lebih mudah ketika beroperasi di medan yang sulit, terutama pada permukaan jalan yang licin dengan beban berat seperti di lokasi konstruksi, pertambangan atau di hutan.

Bagi perusahaan angkutan barang yang beroperasi di jalan raya, gigi crawler juga menawarkan fleksibilitas yang cukup besar dan kemungkinan meningkatkan ekonomi bahan bakar. “I-Shift dengan gigi crawler memungkinkan untuk mengarungi kondisi kemacetan lalu-lintas yang ekstrim. Menggabungkan rasio poros belakang yang sesuai untuk mengoptimalkan rpm (putaran) mesin agar menghasilkan kecepatan tinggi, namun konsumsi bahan bakarnya tetap efisien untuk penggunaan di jalan raya. Hal sangat bermanfaat bagi industri angkutan dalam operasionalnya sehari-hari,” jelas Hardin.

Transmisi otomatis I-Shift dari Volvo ini tersedia dengan pilihan satu atau dua gigi crawler maju, tergantung wilayah aplikasinya, maupun versi yang memakai atau tanpa dua gigi crawler buat mundur. Gigi crawler mundur memungkinkan untuk membuat kendaraan berjalan mundur dengan sangat lambat, yang merupakan keuntungan besar ketika melakukan manuver mundur yang membutuhkan tingkat kepresisian tinggi.

Teks : Antonius S

Foto : Volvo



Sponsors

logo-chinatrucks300 327pix