Ingin Ubah Tampilan Kendaraan? Ini yang Perlu Dipertimbangkan

16 / 10 / 2020 - in Berita, Kontributor Ahli

Berkendara dengan bergaya sepertinya tidak memandang jenis kelamin, profesi dan usia. Karena mengubah tampilan eksterior mobil menjadi hak bagi siapapun. Bahkan mobil untuk dipakai harianpun ada tren modifikasi dengan budget bervariasi.

Bambang Widjanarko, Tire & Rim Consultant menjelaskan mengenai modifikasi eksterior kendaraan. “Daripada mengubah-ubah warna cat yang harus dibarengi juga dengan mengubah STNK-nya, atau mengubah-ubah body kit yang oleh usia, profesi dan jenis kelamin tertentu dianggap terlalu ekstrem. Dari itu semua mengganti pelek dan ban dianggap sebagai cara yang relatif lebih “aman” untuk mengubah tampilan kendaraan,” bukanya.

“Paling umum, untuk mengubah-ubah motif dan ukuran pelek dan ban mobil bisa dengan memperbesar dari ukuran aslinya, tapi sangat jarang ada orang memperkecilnya. Semua itu tentunya tetap harus memperhatikan aspek estetika, fungsi dan keselamatan,” tambahnya.

“Besarnya diameter pelek dan ban yang masih aman untuk dirubah adalah dua tingkat lebih besar daripada ukuran aslinya. Dengan memperbesar ukuran diameter ring ban dan peleknya, otomatis ketinggian profil atau aspec ratio bannya harus diturunkan. Misalkan pelek aslinya berukuran ring 15 dengan ban ukuran 195/65 R 15 bisa diganti langsung tanpa harus merubah apa pun atau disebut plug & play dengan pelek ring 17 dan ukuran ban 215/55 R 17,” imbuh Bambang.

“Namun jika misalnya akan diperbesar menjadi lebih ekstrem lagi dengan menggunakan pelek ring 20, maka harus dilakukan perubahan di area suspensi juga dan tidak jarang pula harus menyetel caster dan camber-nya dan bahkan harus dilakukan pula roll pada bagian spakbornya. Hal tersebut tentu saja akan mempengaruhi faktor kenyamanan dan keselamatan berkendara,” ujarnya.

Terutama karena radius putar kemudinya tidak standar lagi alias menjadi lebih melebar, sensasi tunggangannya juga menjadi keras seperti gerobak. Ditambah pula pasti mengalami speedometer error, karena apa yang ditampilkan pada panel speedometer sudah bukan kecepatan sesuai aslinya lagi,” pungkas Bambang.

Editor : Sigit

Foto : Dokumentasi Pribadi



Sponsors

 

 

logo-chinatrucks300 327pix