Isuzu Beri Penghargaan 51 Karoseri yang Tertib SKRB

25 / 07 / 2019 - in News

Sebagai produsen kendaraan niaga, PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) selaku agen pemegang merek kendaraan Isuzu di Tanah Air memosisikan perusahaan karoseri sebagai mitra kerja sejati yang sangat penting. Pihak karoseri dalam hal ini mengambil alih tahap akhir pembuatan kendaraan, dengan memasangkan bodi kendaraan pada kabin sasis (kendaraan yang belum lengkap) yang diproduksi dan disediakan oleh IAMI.

Hal ini pun tidak terlepas dari dukungan penuh IAMI terhadap program pemerintah, terkait peningkatan pelayanan dan tertib administratif secara hukum. Dalam rangka meningkatkan kualitas bersama antara Isuzu dan karoseri, IAMI juga membentuk tim ahli untuk men-support kebutuhan teknik karoseri di bidang mekanik maupun bidang elektrik. Tim tersebut juga di-support langsung oleh advisor dari Japan.

Berangkat dari situ lah, IAMI memberikan apresiasi kepada 51 perusahaan karoseri yang telah bersinergi dan mendukung pembuatan Surat Keputusan Rancang Bangun (SKRB) untuk Isuzu Indonesia. SKRB diterbitkan untuk mendapatkan Sertifikat Registrasi Uji Tipe (SRUT), dan SRUT berguna untuk melakukan proses pengujian kendaraan bermotor atau uji KIR secara berkala.

Saat ini, Ditjen Perhubungan Darat, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) telah melakukan terobosan, yang memungkinkan semua prosedur pengajuan SKRB secara administratif dapat dilakukan secara online. Artinya, semakin cepat data diberikan akan semakin cepat SKRB-nya selesai.

General Manager IAMI, Attias Asril sebelumnya mengatakan, SKRB ini sebenarnya untuk menjamin bahwa rancang bangun dari kendaraan itu aman secara safety, dengan perhitungan-perhitungan sesuai kemampuan dan daya muat kendaraannya.

“Ini merupakan upaya kami di awal bahwa kendaraan ini nantinya akan dimuati sesuai dengan kapasitas yang mempertimbangkan faktor keselamatan. Sehingga seharusnya tidak terjadi problem yang menyebabkan kecelakaan karena kelebihan muatan, karena ini sudah dihitung dengan benar sehingga secara safety sudah baik,” kata Aat sapaannya.

Menurut Aat, apresiasi ini merupakan bukti nyata kami untuk meningkatkan komunikasi dan kerja sama antara Isuzu dan pihak karoseri. “Isuzu Indonesia sebagai penjual kendaraan commercial tentunya akan terus mengawal unit kami mulai dari pembuatan unit hingga tahap pengantaran ke customer kami, untuk menjaga kualitas dan kepuasan pelanggan,” ujarnya.

Penyerahan piagam apresiasi karoseri oleh IAMI ini dilakukan di booth Isuzu GIIAS 2019, Kamis (25/7/2019) yang dihadiri Direktur Sarana Transportasi Jalan, Ditjen Perhubungan Darat, Kemenhub, Sigit Irfansyah serta perwakilan masing-masing karoseri.

Adapun 51 perusahaan karoseri penerima piagam apresiasi tersebut adalah:
1. PT Adhikarisma Pratama
2. PT Adhikarisma Putrapratama
3. PT Adicitra Bhirawa
4. PT Adiputro Wirasejati
5. CV Ambulance Pintar Indonesia
6. PT Antika Raya
7. PT Bagus Jaya Karoseri
8. PT Bengawan Karya Sakti
9. CV Bogor Kiat Sarana
10. PT Catur Karya Bersama
11. CV Delima Jaya
12. CV Delima Mandiri
13. PT Famiglas Mitra Mandiri
14. PT Garis Harmoni
15. PT Gunung Mas Bersinar
16. CV Hartono Putra
17. PT Hydraxle Perkasa
18. PT Indosaluyu Primajaya
19. PT Karya Tugas Anda
20. PT Karyatugas Paramitra
21. PT Kyokuto Indomobil Manufacturing Indonesia
22. CV Laksana
23. PT Lie Ling Indonesia
24. PT Mahakarya Jaya Sinergi
25. PT Mekar Armada Jaya
26. PT Mitra Toyotaka Indonesia
27. PT Morodadi Prima
28. PT Muncul Suryaprima
29. CV Nugraha Mitra Sejati
30. CV Pan Jaya
31. PT Pemuda Baja Raya
32. PT Piala Mas Industri
33. PT Prima Usaha Mitra Abadi
34. PT Pundarika Atma Semesta
35. PT Putra Agung Setia
36. PT Rahayu Santosa
37. PT Restu Ibu Pusaka
38. PT S.K.A. Indonesia
39. PT Sanggar Karya
40. PT Sentrabumi Palapa Utama
41. CV Simaja Grage Cemerlang
42. PT Sukses Tunggal Mandiri
43. PT Sumber Teknik Motor
44. CV Surya Indah Pratama
45. PT Surya Karya Utama
46. PT Surya Putra Barutama
47. PT Tentrem Sejahtera
48. CV Tri Sakti
49. PT Tunas Bahana Sparta
50. PT United Tractors Pandu Engineering
51. PT Yong Khastrisma Utama Jaya

Aat mengatakan, Isuzu tengah intens mensosialisasikan safety terkait karoseri ke seluruh jaringan diler resminya sejak kuartal terakhir tahun 2018. “Ssetiap kendaraan yang dijual oleh diler kami wajib menggunakan karoseri yang punya SKRB. Artinya, pasti dijamin terbit SRUT-nya, karena SRUT bagi kami seperti akta lahir bagi setiap unit yang dijual ke konsumen,” ujarnya.

Sebagai informasi, Isuzu memiliki program sertifikasi karoseri yang dimulai sejak tahun 2015. Saat ini Isuzu telah melakukan sertifikasi terhadap 41 karoseri sesuai dengan standar Isuzu dengan jumlah 275 SKRB. Artinya, pelanggan bisa mendapatkan banyak pilihan aplikasi body dari karoseri-karoseri terpilih dengan kualitas yang terjaga dan tertib administrasi.

 

Editor: Antonius
Foto: Anton



Related Articles

Sponsors

 

 

AFFA-logisticsphotocontest 

logo-chinatrucks300 327pix