Kemenperin: Industri Otomotif Sokong Pertumbuhan Ekonomi Indonesia

23 / 02 / 2017 - in Auto Show, News
Kemenperin

Pelemahan ekonomi global yang telah terjadi beberapa tahun ini tidak mempengaruhi penjualan dan kemajuan industri otomotif, industri penunjang dan industri aftermarket otomotif di Indonesia. Bahkan di tengah keterpurukan, Indonesia masih dapat tumbuh di atas lima persen. Menurut Direktur Industri Maritim, Alat Transportasi dan Alat Pertahanan Kementerian Perindustrian (Kemenperin) Yan Sibarang Tandiele, salah satu penyumbang terbesar dari perekonomian Indonesia adalah industri otomotif.

”Inilah salah satu pertimbangan industri otomotif dijadikan sebagai unggulan dalam kebijakan industri nasional. Pemerintah akan terus mendorong sehingga industri otomotif, khususnya industri aftermarket ini semakin berkembang,” kata Yan Sibarang usai membuka pameran AutoPro Indonesia 2017 di Jakarta Convention Centre, (23/Feb).

Dengan kondisi ini, Yan berharap supaya agen pemegang merek (APM), industri penunjang, industri aftermarket, dan para inovatif di dunia modifikasi otomotif Tanah Air dapat bersinergi dengan pemerintah untuk bersama-sama mendongkrak ekonomi Indonesia menjadi semakin baik. Selain itu, Ia berharap agar industri otomotif di Indonesia terus berkembang lebih besar dengan inovasi terbaru di segala bidang, baik teknologi dan penjualan.

”Pemerintah sangat mengapresiasi acara semacam AutoPro Indonesia 2017, karena dengan acara ini industi aftermarket dapat berkembang pesat. Acara ini sangat sejalan dengan kebijakan pemerintah untuk memajukan industri otomotif. Pameran ini akan membawa dampak ekonomi yang sangat besar, saya harap acara semacam ini bisa diselenggarakan secara berkala untuk mendorong kemajuan di Industri otomotif,” ujarnya.

Menurutnya, peningkatnya kebutuhan transportasi merupakan sebuah peluang yang sangat membutuhkan industri aftermarket. Yan menambahkan bahwa beberapa tahun belakangan ini, di dunia dan Indonesia mengalami pelemahan ekonomi.

”Kami berbangga bila Indonesia bisa tumbuh dengan baik di atas 5% dan industri otomotif jadi salah satu penyumbang terbesar, terlebih dengan industri after market juga akan memberikan sokongan. Saya imbau Kepada para APM untuk turut mendukung industri aftermarket dan saya harap bisa lebih berkontribusi dalam mendukung industri otomotif di Indonesia,” pungkasnya.

 

Teks: Citra
Editor: Antonius
Foto: Pebri



Related Articles

Sponsors

GIIAS Medan Auto Show