Laporan dari Malaysia

Kompetisi Pengemudi Truk Scania Region Asia Tenggara Resmi Dibuka

03 / 08 / 2017 - in Events, News

Kompetisi Pengemudi

Kompetisi pengemudi truk dan bus Scania se-Asia Tenggara bertajuk Scania Driver Competitions Southeast Asia (SDC-SEA) 2016-2017  resmi dibuka pada Kamis (3/Agustus), bertempat di area Malaysia Agro Exposition Park, Serdang, Malaysia. SDC-SEA 2016-2017 diikuti oleh 19 pengemudi dari Indonesia, Malaysia, Myanmar, Filipina dan Singapura.

Event ini merupakan ajang pengukuhan keterampilan mengemudi bagi para sopir yang berhasil lolos pada babak kualifikasi di negaranya masing-masing. Sebelumnya, PT United Tractors Tbk (UT) selaku distributor tunggal Scania di Indonesia telah menyelenggarakan SDC Indonesia 2017 di area United Tractors Yard, Sukapura, Cilincing, Jakarta Utara pada 27 April lalu.

Menurut project leader SDC-SEA 2016-2017, Ian Tan, tujuan diadakannya Scania Driver Competitions adalah untuk meningkatkan status dan prestise para pengemudi truk heavy-duty, dengan mengakui mereka sebagai seorang pahlawan sejati dalam industri transportasi angkutan barang, yaitu para pengemudi itu sendiri.

“Pada edisi regional perdana ini, kompetisi lebih menuntut skill yang lebih mumpuni daripada edisi lokal yang sebelumnya diadakan di negara-negara peserta SDC Southeast Asia ini. Karena kami telah merancangnya agar lebih menantang bagi ke-19 finalis, tentunya dengan peraturan dan skenario yang lebih ketat,” kata pria yang juga menjabat sebagai Business Development Director Scania Southeast Asia ini.

Kompetisi ini terbagi dalam 2 sesi pengujian, yaitu tes kepresisian Knock the Cone dan uji hambatan Boardwalk yang diujikan untuk setiap kategori baik truk maupun bus. Pengemudi truk diuji menggunakan truk Scania G410LA 6×2 tractor head kapasitas mesin 13.000 cc dan tenaga maksimum 410 hp, yang menarik trailer dan membawa kontainer 20 feet. Sementara sopir bus ditantang mengemudikan Scania Marcopolo K410IB 4×2 jenis coach (bus wisata).

Selama kompetisi, lanjut Ian, kemampuan seluruh kontestan diuji melalui serangkaian tugas manuver dengan tingkat ketepatan waktu terbaik. “Di jalan, kompetensi pengemudi akan sangat penting dan dibutuhkan dalam mengatasi banyak tantangan yang dihadapi dalam industri transportasi. Maka tema kompetisi tahun ini adalah Face the Challenge!” ujar Ian.

 

Editor: Antonius
Foto: Anton



Related Articles

Sponsors

TruckMagz Konstruksi Indonesia

TruckMagz Transport, Logistics & Maritime

GIIAS TruckMagz 2017