Konstruksi Indonesia 2016

Kontribusi Volvo Group Dalam Industri Konstruksi

09 / 11 / 2016 - in Berita

Volvo Group
(Kiri-Kanan; Gerrit Lambert-Johanna Brismar Skoog-Jurn Terpstra)

Sebagai negara dengan potensi sangat besar di dunia, Indonesia dianggap sebagai pasar konstruksi yang paling cepat berkembang di kawasan Asia Tenggara. Berdasarkan world economic outlook database, saat ini pertumbuhan pasar konstruksi Indonesia senilai USD 164 milyar, dimana tahun ini pemerintah Joko Widodo berkomitmen mengalokasikan dana pembangunan infrastruktur mencapai USD 450 milyar hingga 2019 mendatang.

“Segmen infrastuktur dan konstruksi di Indonesia sedang booming seiring pertumbuhan ekonomi Indonesia yang kuat. Volvo diposisikan secara unik dalam mendukung pertumbuhan ini karena kami telah 40 tahun berada di Indonesia, dengan dukungan kantor cabang kami dari Aceh hingga Papua serta memiliki teknologi terbaru dan efisien untuk mendukung segmen konstruksi,” ujar Jurn Terpstra, Marketing Director Volvo Trucks Indonesia kepada TruckMagz, Rabu (9/Nov).

Pada acara Konstruksi Indonesia 2016 yang dihelat di Jakarta Convention Center, Senayan, (9-11/Nov), Volvo Trucks Indonesia semakin menunjukkan komitmennya dengan menawarkan solusi berbagai jenis aplikasi serta dukungan layanan aftermarket yang tersedia di berbagai wilayah di Indonesia. Berupa solusi khusus untuk konstruksi dengan menampilkan truk Volvo FM 370 tractor head yang ideal untuk mengangkut elemen beton dan baja konstruksi seperti piles, girders atau elemen jembatan seperti yang digunakan untuk proyek MRT Jakarta.

Sementara Volvo Construction Equipement memamerkan DD100 dan PT220 asphalt rollers, EC55 mini excavator dan EC220D excavator yang dibekali volume bucket 1.1 m3 yang 20% lebih besar ketimbang model sejenis dengan peruntukan sebagai pemecah batu. EC220D juga unggul dalam hal efisiensi bahan bakar dari semua produk Volvo, sehingga cocok digunakan untuk proyek pemindahan tanah skala besar termasuk pertambangan, karena produktifitasnya tinggi dengan biaya per ton yang sangat rendah.

Truk Volvo yang terkenal piawai sebagai truk pengangkut tanah, material serta aspal panas ini kerap diduetkan bersama alat berat Volvo seperti excavator, pavers wheel loaders dan peralatan konstruksi lainnya. “Kekuatan dan efisiensi dari mesin truk dan peralatan Volvo adalah yang dibutuhkan Indonesia dalam pembangunan infrastruktur berskala besar. “Sebagai contoh landasan pacu bandara di Bengkulu, Soekarno-Hatta di Jakarta sampai ke Papua dibangun dengan peralatan dari Volvo pavers (pavers wheel loaders). Untuk menjamin bila pendaratan pesawat dapat dilakukan secara mulus, aman dan efisien,” kata Gerrit Lambert, Sales Director Volvo Construction Equipment didampingi duta besar Swedia untuk Indonesia Johanna Brismar Skoog.

Sebagai informasi, sejak 2011 Volvo Group telah memperkuat posisi pasarnya dengan menunjuk diler resmi kedua yaitu PT Indotruck Utama (ITU) sebagai jaringan resmi penjualan truk dan peralatan konstruksi Volvo untuk area Sumatera, Java, Nusa Tenggara dan Papua. Sementara ITU sendiri bergabung dengan diler Volvo Trucks yang telah ada sebelumnya yaitu PT Ekadharma Jaya Sakti, dan menjadi partner selama 30 tahun dari Volvo Construction Equipment Intraco Penta Prima Servis, dimana keduanya melayani area Kalimantan, Sulawesi dan Maluku. Penunjukan ini merupakan bagian dari strategi dalam memposisikan diri sebagai pemain kuat di sektor konstruksi di Indonesia.

 

Editor: Antonius
Foto: Giovanni

 

 



Sponsors

 

 

 

logo-chinatrucks300 327pix