Lampung Menerapkan Zero Over Dimension and Over Loading

08 / 11 / 2018 - in News
Zero Over Dimension and Over Loading

Penertiban truk overdimensi terus digiatkan guna menekan praktik kelebihan muatan atau overload. Overdimensi yang kerap terjadi di bisnis transportasi barang sebenarnya menyalahi ketentuan standardisasi karoseri yang mengacu PP No.55 Tahun 2012 tentang Kendaraan. Dalam PP tersebut menekankan pada aspek dimensi yakni panjang-lebar-tinggi sebagai poin utamanya.

Terkait standardisasi karoseri mengacu PP No.55 Tahun 2012 tentang Kendaraan, petugas di lapangan telah bekerja sama dengan stakeholder terkait. Seperti yang diterapkan pada Unit Pelaksana Penimbangan Kendaraan Bermotor (UPPKB) Way Urang, Kalianda, di Provinsi Lampung sebagai wilayah perlintasan angkutan barang antarpulau.

“Untuk dimensi kendaraan angkutan barang, kami kerja sama dengan Askarindo (Asosiasi Karoseri Indonesia) untuk tidak ada praktik pelanggaran overdimensi,” jelas Fuad Nur Alam, Kasi. Sarana dan Prasarana Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Wilayah VI Provinsi Bengkulu dan Lampung.

Menurut Fuad, dari total 518 kendaraan yang masuk di UPPKB/jembatan timbang Way Urang, 306 kendaraan terbukti melanggar dan 212 lainnya tidak melanggar. Dari 59 persen pelanggaran yang dilakukan terdiri dari pelanggaran dokumen kendaraan, pelanggaran daya angkut kendaraan, serta overdimensi.

Zero Over Dimension and Over Loading

Sebagai langkah penanganannya, kata Fuad, pihaknya tengah menjalankan program Tertib Angkutan “Zero Over Dimension and Over Loading”. Menurutnya, saat ini penindakan berupa tilang disertai pemberian tanda sebagai tanda batas ukuran, dan bila diperlukan akan menindak tegas pemilik kendaraan dan karoserinya.

Zero Over Dimension and Over Loading

“Kami sudah melakukannya di Kabupaten Way Kanan, dengan menandai pakai pilok untuk pelanggaran kelebihan dimensi. Selain itu, kami juga lakukan dengan timbangan portable di beberapa ruas jalan nasional,” ujarnya. Fuad menambahkan, pihaknya tengah melakukan sosialisasi Zero Over Dimension and Over Loading ini kepada para pengusaha angkutan barang di seluruh wilayah Lampung.

 

Editor: Antonius
Foto: Istimewa



Related Articles

Sponsors

GIIAS

KI-2018-Web-Banner-320x327 (TruckMagz)

1cemat-banner300-80-cn 

logo-chinatrucks300 327pix

FA-CVL-Digital-Banner-300x327-pixel