Mengapa Sasis Hino 500 New Ranger Banyak Terdapat Lubang?

15 / 02 / 2016 - in Ask The Expert
Mengapa Sasis Hino 500 New Ranger Banyak Terdapat Lubang?

Bagi Anda pemerhati dan pengguna truk sejati, pastinya paham betul perbedaan antara kontur sasis milik Hino New Ranger dengan model sebelumnya. Ya, jika dilihat kasat mata memang banyak terdapat lubang di sekujur rangka atau sasis kendaraan niaga kategori 3 ini.

Menurut Irwan Supriyono, Senior Executive Officer Service & Spareparts PT Hino Motors Sales Indonesia (HMSI), New Ranger series sudah menggunakan sasis terbaru untuk menambah kenyamanan pengemudi, daya tahan kendaraan serta keselamatan.

Hino 500 series yang lebih akrab di kalangan trucker Indonesia sebagai sosok Hino Ranger versi terbaru, desain sasisnya memang dibikin banyak berlubang. “Salah satu kegunaannya supaya mempermudah pembuat (perusahaan) karoseri dalam memodifikasi bodinya. Bisa untuk dump truck, boks, tangki dan lain sebagainya sesuai kebutuhan pemakai,” papar Irwan.

Desain grid hole (berlubang-lubang) yang terdapat di sekujur sasis New Ranger sepanjang rail sasis atau rangka belakang, akan memudahkan dalam pembuatan karoseri. Pasalnya, lubang-lubang tadi berguna untuk tempat dudukan baut dengan beragam posisi sesuai kebutuhan pembuatan karoseri. Sehingga tidak perlu lagi mengebor sasis demi untuk membuat lubang baut pengikat bodi karoseri, yang akan ditempelkan pada rangka New Ranger ini.

Rangka sasis yang baik sejatinya memang tidak direkomendasikan untuk dilakukan pengelasan maupun dibor dengan alasan apapun, karena dapat mengubah karakter besi rangka yang telah diriset sebelumnya oleh pihak pabrikan Hino. Desain sasis grid hole bawaan New Ranger ini juga memberi keuntungan seperti dapat menambah kelenturan rangka kendaraan, serta akan menghindari keretakan pada batang sasis akibat terlalu kaku.

Desain grid hole ini, lanjut Irwan, tidak akan mengurangi ketahanan sasis. Sebab material menggunakan jenis baja high-tensile steel yang diklaim lebih kokoh. Seluruh rangka New Ranger pun telah dilapisi dengan electrode position sebagai anti-karat, sekaligus untuk mencegah agar sasis tidak mudah bengkok bahkan patah ketika membawa bobot muatan berat sekali pun.

Teks & Foto : Antonius S



Sponsors

TruckMagz Konstruksi Indonesia

TruckMagz Transport, Logistics & Maritime

GIIAS TruckMagz 2017