Menhub Menyarankan Beri Insentif Sopir

22 / 02 / 2019 - in News

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menyarankan para pengusaha angkutan barang memberi uang operasional tambahan senilai Rp 200 ribu kepada pengemudinya, agar mau melewati Tol Trans Jawa. Cara ini diyakini Menhub sebagai bagian dari kompensasi, untuk mengalihkan biaya operasional yang tinggi saat truk melewati jalan biasa.

“Nilainya relatif. Tapi seumpamanya sopir dikasih Rp 200 ribu kemudian lewat tol, waktu tempuh lebih singkat. Otomatis depresiasi truknya jadi berkurang, maka kasih insentif lah sama sopir,” ujar Menteri Budi saat ditemui di Rakernas Asosiasi Pengusahas Truk Indonesia (Aptrindo) beberapa waktu lalu di Jakarta.

Perhitungan pemerintah dipastikan waktu tempuh kendaraan barang akan lebih cepat hanya 18 jam dengan rute Jakarta-Surabaya, dari sebelumnya memerlukan waktu hingga tiga hari.Pemerintah berharap beroperasinya to Trans Jawa dapat merangsan perekonomian di Jawa secara merata.

”Jadi ini solusi menguntungkan bagi semuanya. Saya harapkan jangan bilang ada yang dirugikan karena adanya tol. Karena orang Madiun, Magetan itu juga senang sekali adanya tol Trans Jawa,” ujar Menhub.

 

Teks: Abdul
Editor: Antonius
Foto: Anton



Related Articles

Sponsors

 

 

 

logo-chinatrucks300 327pix