OtoBus - Laporan dari India

Tiga Varian Luxury Coach dari MG Group Hadir di Busworld India 2018

05 / 09 / 2018 - in News

Angkutan bus umum dengan konsep kenyamanan dan kemewahan kini cukup masif diandalkan masyarakat di India. Maka tidak heran para body maker atau karoseri setempat unjuk gigi menciptakan beragam jenis bus sesuai segmennya, seperti model luxury coach yang ramai dipamerkan dalam ajang Busworld India 2018 di Bengaluru, Karnataka, India, 29-31 Agustus lalu.

Bus di segmen luxury coach ini menawarkan beragam fitur terkini untuk menciptakan pengalaman mewah bagi penumpangnya, seperti ditawarkan oleh MG Group sebagai salah satu perusahaan body maker bus terbesar di India yang berdiri sejak 1980 ini. Pada event Busworld kali ini, MG Group menghadirkan tiga product line up terbarunya di segmen bus premium ini yakni Glider, Glider Z, serta Dreamz.

Varian Glider berbasis Bharatbenz 1623 coach chassis dengan panjang 12 meter, yang dibekali mesin OM906 berkapasitas 6.373 cc dipadu transmisi 6-speed G85. Glider dihadirkan dalam beberapa opsi layout tempat duduk menyesuaikan kebutuhan konsumen yang berbeda. Mulai dari konfigurasi 2×1 dengan jok luxury model push back berkapasitas 26 penumpang, konfigurasi 2×2 push back seats tanpa sandaran betis dengan kapasitas 43 penumpang, serta konfigurasi 2×2 berkapasitas 37 penumpang dilengkapi jok model push back dengan sandaran betis.

Kemudian Glider Z yang sama-sama dimodali Bharatbenz 1623 coach chassis. Varian ini mengedepankan konsep luxury sleeper coach dengan tempat tidur yang dirancang untuk perjalanan jarak jauh. Konfigurasi tempat tidur dengan row 2×1 upper-lower dengan kapasitas 30 penumpang dewasa. Pada setiap kompartemen tempat tidur juga tersedia sistem entertainment berupa TV monitor 32 inci, yang didukung DVD player single DIN berikut enam speaker.

MG Group
Suasana kabin luxury sleeper coach racikan MG Group

Sedangkan varian Dreamz juga mengacu konsep luxury sleeper coach namun dimodali sasis Mercedes-Benz 2441 Super High Deck (SHD) multi-axle luxury coach. Konfigurasi tempat tidur juga dirancang dengan layout row 2×1 upper-lower berkapasitas lebih besar hingga 40 penumpang dewasa. Mercedes-Benz 2441 SHD sendiri merupakan pengganti model 2436 SHD sebagai luxury coach terlama Mercedes-Benz di India sejak peluncuran perdana pada Oktober 2015 lalu.

Mercedes-Benz 2441 SHD multi-axle luxury coach diproduksi di pabrik Oragadam di Chennai, India. Dimodali mesin OM457 6-silinder vertikal segaris kapasitas 12 liter, dengan maksimum power 408 dk (300 kw) di putaran 2.000 rpm dan torsi puncak 1.900 Nm pada 1.100 rpm. Torsi akhir super rendah yang dimilikinya dan dipadu transmisi 6 percepatan dari ZF Ecolife 6 AP 2000B ini, memungkinkan momen pergerakan awal yang lebih powerful untuk sebuah bus premium.

Menurut Managing Director MG Group, Anil M. Kamat, pihaknya memiliki filosofi khusus dalam menciptakan seluruh produknya agar dapat diakui sebagai penyedia solusi total yang paling layak. “Solusi total ini mencakup semua kegiatan yang melibatkan konsep, desain dan pengembangan kendaraan kontemporer dan rekayasa lebih lanjut yang sejalan untuk produksi massal secara efisien, serta berkualitas tinggi dengan biaya efektif terutama untuk melayani OEM dan operator armada bus,” kata Anil.

 

Editor: Antonius
Foto: Anton



Related Articles

Sponsors

 

 

AFFA-logisticsphotocontest 

logo-chinatrucks300 327pix