Modifikasi Oke, Tetap Harus Aman

31 / 01 / 2017 - in Ask The Expert, News
IMG_0051 e

Modifikasi dalam dunia otomotif tidak ada batasannya. Selama modifikasi itu tetap mendukung fitur keamanan truk, boleh saja melakukan customize. Salah satu modifikasi yang kerap dilakukan sopir truk adalah klakson. Klakson adalah salah satu komponen pendukung dalam kendaraan yang diwajibkan terinstal seperti halnya spion, seatbelt, wiper dan sebagainya.

Masat Zakariyah, Branch Head Indomobil Prima Niaga Hino Jemursari Surabaya menyatakan bahwa tren modifikasi klakson sedang mewabah saat ini. “Tetapi dalam modifikasi klakson jangan sembarangan. Klakson menggunakan angin. Jangan sekal-kali mengambil angin langsung dari tabung resevoir yang memang itu untuk sistem rem.” tegasnya.

Mengenai kelistrikan dan tempat peletakan klakson modif wajib mengikuti petunjuk pabrikan. Sebaiknya konsultasi dengan mekanik ATPM terlebih dahulu. “Ambil angin untuk modifikasi klakson harus sesuai petunjuk. Tabung untuk air brake tidak boleh dimodifikasi untuk kegunaan lain termasuk klakson. Masih banyak sopir yang mengambil angin langsung dari tabung penyimpanan. Mereka memasang valve dan selang untuk klakson. Pada produk New Hino Ranger, ada multi joint pipeline yang menempel pada rangka sebelah kanan. Ada valve yang bisa digunakan untuk asesoris dari sini, lalu jika diperlukan bisa menambah sendiri tabungnya. Karena tabung pada bagian bawah hanya untuk air brake system. Kompresor New Hino Ranger sangat mumpuni untuk variasi klakson.” terangnya.

Masat menyarankan untuk sopir yang gemar modifikasi tetap memperhatikan faktor keamanan kendaraan. Dengan begitu, sopir sudah menghargai keamanan dan kenyamanan pengguna jalan yang lain.

Teks : Sigit A

Foto : Giovanni V



Sponsors

GIIAS Medan Auto Show