Dishubtrans DKI Beri Tiga Rekomendasi untuk Perpanjangan KIU

12 / 05 / 2016 - in Berita
truk bekas

Menindaklanjuti keluhan dari kalangan pengusaha angkutan barang di Jakarta terkait pembatasan usia pakai truk, yang diatur dalam Peraturan Daerah (Perda) Nomor 5 Tahun 2014 tentang Transportasi, Dinas Perhubungan dan Transportasi (Dishubtrans) Pemprov. DKI Jakarta telah menerbitkan Surat Rekomendasi untuk Perpanjangan KIU (Kartu Izin Usaha) Angkutan Barang.

Surat rekomendasi Nomor 3680/-1-819 tertanggal 10 Mei 2016 yang ditujukan Kepada Kepala Badan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (BPTSP) Provinsi DKI Jakarta dan ditandatangani Kepala Dinas Perhubungan dan Transportasi (Kadishubtrans) Provinsi DKI Jakarta, dimaksudkan sebagai implementasi atas pemberlakuan Perda Nomor 5 Tahun 2014 tentang Transportasi, khususnya Pasal 51 yang terkait dengan masa pakai kendaraan angkutan umum dan angkutan barang.

Pasal 51 ayat (2) menyatakan, masa pakai kendaraan bermotor umum dibatasi dengan ketentuan : a.) Mobil Bus besar paling lama sepuluh tahun; b.) Mobil Bus sedang paling lama sepuluh tahun; c.) Mobil Bus kecil, Mobil Penumpang Umum dan Angkutan lingkungan paling lama sepuluh tahun; d.) Taksi paling lama tujuh tahun; e.) Mobil barang paling lama sepuluh tahun.

Pada Pasal 51 ayat (3) menyatakan, Pemilik Kendaraan Bermotor Umum yang telah melampaui batas masa pakai sebagaimana dimaksud pada ayat (2), wajib melakukan peremajaan dalam waktu paling lama dua belas bulan terhitung sejak Peraturan Daerah ini mulai berlaku. Sementara di Pasal 51 ayat (4) ditegaskan lagi, Waktu untuk melakukan peremajaan sebagaimana dimaksud pada ayat (3) dapat diperpanjang paling lama enam bulan sepanjang kondisi kendaraan masih laik jalan.

Sebagai implementasi dari Perda No.5 Tahun 2014, Dishubtrans DKI merekomendasikan tiga poin utama kepada pihak BPTSP DKI Jakarta. Pertama, kendaraan dengan tahun pembuatan 1994 ke bawah, KIU tidak dapat diperpanjang lagi dan kendaraan lama harus sudah diremajakan dengan kendaraan baru paling lambat akhir tahun 2016.

Kedua, kendaraan dengan tahun pembuatan 1995-1997, KIU dapat diperpanjang dengan ketentuan mendapat rekomendasi dari Dishubtrans Provinsi DKI Jakarta dan kendaraan lama harus sudah diremajakan paling lambat akhir tahun 2017.

Poin terakhir, kendaraan dengan tahun pembuatan 1998-2008, KIU dapat diperpanjang dengan ketentuan mendapat rekomendasi dari Dishubtrans Provinsi DKI Jakarta dan kendaraan lama harus sudah diremajakan paling lambat akhir tahun 2018.

Rekomendasi Dishubtrans ini dilatarbelakangi atas kondisi angkutan barang di Provinsi DKI Jakarta, yang masih memerlukan masa transisi terutama bagi perusahaan angkutan umum dan industri terkaitnya, untuk lebih menyiapkan diri menghadapi pelaksanaan pembatasan umur truk tersebut. Di samping untuk tetap menjaga ketersediaan angkutan barang secara memadai, sekaligus tetap berkomitmen mewujudkan peremajaan unit kendaraan angkutan barang di Provinsi DKI Jakarta.

Sebelumnya kepada TruckMagz, Andri Yansyah pernah mengatakan bahwa pihaknya sebenarnya memiliki skema pembatasan umur truk maksimum sampai dengan 20 tahun. “Sebelum kami merekomendasikan untuk bisa memperpanjang pengurusan surat-suratnya, kami perlu teliti terlebih dulu unsur kelayakan fisiknya untuk kemudian direkomendasikan buat uji KIR,” kata Kepala Dinas Perhubungan dan Transportasi (Kadishubtrans) Provinsi DKI Jakarta ini.

Jika kondisi kendaraan tidak lulus uji KIR maka wajib melakukan uji KIR ulang sesuai ketentuan. “Kalau sudah lulus uji KIR, kita baru dapat merekomendasikan ke Badan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (BPTSP) Provinsi DKI Jakarta supaya Kartu Izin Usaha (KIU) nya bisa dikeluarkan (untuk usia pakai truk di atas sepuluh tahun),” jelas Andri.

Editor : Antonius S



Sponsors

 

logo-chinatrucks300 327pix