MFTBC Resmi Meluncurkan New Canter Versi JDM

27 / 04 / 2016 - in Berita
Mitsubishi New Canter

Mitsubishi Fuso Truck and Bus Corporation (MFTBC), salah satu produsen kendaraan komersial terkemuka di Asia yang berbasis di Kawasaki, Jepang, bekerja sama dengan Daimler India Commercial Vehicles (DICV) di bawah payung Daimler Trucks Asia (DTA) resmi meluncurkan model terbaru dari lini produk truk ringannya, New Canter 2016, di kantor pusat MFTBC Kawasaki, Jepang, Selasa (26/Apr).

Varian light duty trucks dari MFTBC versi Japan Domestic Market (JDM) ini difokuskan guna memenuhi permintaan pelanggannya di Jepang yang mengutamakan efisiensi bahan bakar secara maksimal. Pasalnya, efisiensi bahan bakar berdampak langsung pada biaya operasional maupun operasional manajemen bagi pengusaha trucking di Negeri Sakura itu.

Pihak pabrikan pun mendesain ulang seluruh bodi truk termasuk penggunaan mesin diesel tipe 4P10 berkapasitas 2.998 cc 4 silinder segaris- turbo Intercooler. Dapur pacu ini diklaim memiliki karakter yang lebih halus, yang mampu mencapai tingkat efisiensi bahan bakar tertinggi di segmen light duty trucks yang ada saat ini di pasar domestik Jepang.

Pada pengetesan sepanjang 2015 lalu, model Canter terbaru ini telah disetting untuk mampu mencapai peningkatan efisiensi bahan bakar hingga 10 persen dibandingkan model terdahulu. Hal ini juga berpengaruh pada besaran pajak bobot kendaraan serta pajak akuisisi yang berlaku di Jepang.

“Kami yakin bahwa truk ini telah mencapai tingkat efisiensi bahan bakar tertingginya, yang sangat penting bagi semua operator. Kami akan terus mengembangkan produk-produk yang dapat berkontribusi mengurangi biaya keseluruhan atas kepemilikan kendaraan bagi konsumen melalui teknologi hemat bahan bakar,” kata Tameo Miwa, Wakil Presiden MFTBC & Kepala Penjualan Mitsubishi Fuso Jepang dalam keterangan resmi yang dirilis MFTBC.

New Canter ini juga dibekali kopling ganda atau AMT (Automated Manual Transmission) versi DUONIC 2.0 pada sektor drivetrain bawaannya, yang mulai dikembangkan dari versi terdahulu (DUONIC) sejak September 2015. Fitur ini merupakan modifikasi dari kopling ganda yang secara signifikan dapat meningkatkan performa kendaraan, termasuk mampu meningkatkan kenyamanan dalam pengoperasiannya.

Melalui pengaplikasian DUONIC 2.0 ini, perpindahan setiap posisi gigi transmisi otomatisnya dapat lebih halus karena menyesuaikan rpm mesin di putaran paling ideal. Sehingga efisiensi bahan bakar dapat tercipta lebih maksimal, selain itu bagi pengemudi juga terasa seperti sedang mengendarai kendaraan penumpang.

Sektor keamanan pada New Canter 2016 ini juga dioptimalkan dengan fitur Hill Start Assist, yang diklaim pihak MFTBC sebagai yang pertama kali sejak peluncuran model Canter terdahulu di Jepang. Hill Start Assist berfungsi untuk mencegah truk bergerak turun ketika posisi menanjak di jalur curam. Fungsi kerjanya adalah mempertahankan daya pengereman untuk waktu yang singkat, yang bekerja sesaat setelah kaki melepaskan pijakan di pedal rem dan sebelum menekan pedal gas.

Mitsubishi New Canter
Transmisi otomatis dengan kopling ganda

Teks : Antonius S
Data : Mitsubishi Fuso Truck and Bus Corporation



Sponsors

 

 

 

logo-chinatrucks300 327pix