Volvo Kembangkan Truk Konsep Irit Bahan Bakar

11 / 06 / 2016 - in Berita

Pabrikan truk Volvo asal Swedia mengkalim bahwa truk racikannya ini sanggup mengonsumsi bahan bakar hampir sepertiga lebih hemat dari kebiasaan konsumsi kendaraan heavy duty yang terjadi selama ini. Pihak pabrikan menyatakan, truk konsep terbaru dari Volvo ini diciptakan untuk meningkatkan efisiensi bahan bakar lebih dari 30%.

Truk konsep terbaru dari Volvo Trucks ini dihadirkan untuk membuktikan bagaimana hal tersebut mungkin terjadi secara dramatis, tentunya dalam rangka meningkatkan produktivitas dalam pengoperasian kendaraan dengan jarak tempuh yang jauh.

Volvo Trucks dengan dukungan dari Badan Energi Swedia, telah mengembangkan truk konsep terbaru yang merupakan hasil dari proyek penelitian panjang selama lima tahun, yang bertujuan untuk menciptakan kendaraan komersial hemat energi yang lebih baik di masa depan.

Presiden dan CEO Volvo Trucks, Claes Nilsson mengatakan, truk konsep ini menampilkan kemampuan yang besar dalam kemajuan teknologi secara teknis. Menurut Nilsson, salah satu faktor kunci di balik konsumsi bahan bakar yang rendah adalah meningkatkan aspek aerodinamika kendaraan hingga 40%, yang dapat secara efisien berkontribusi secara baik pada truk jenis tractor head termasuk aplikasi untuk truk penarik trailer.

Seperti dilansir Today’s Trucking, para insinyur Volvo memodifikasi komponen inti bawaan Volvo FH 420 dengan mengganti sumber tenaga standar dengan mesin diesel terbaru dari Volvo dengan kode D13 yang sudah menganut standar emisi Euro 6. Termasuk mengoptimalkan aspek aerodinamis kendaraan sebanyak mungkin, seperti penggunaan kamera sebagai pengganti kaca spion konvensional guna memangkas hambatan aliran udara dari sisi aerodinamika.

Mengoptimalkan aspek aerodinamika juga dilakukan pada bagian sasis truk, dengan menyematkan side skirt yang menutupi seluruh ban belakang tractor head termasuk di semua roda trailer. Spoiler aerodinamis layaknya yang kerap terpasang pada besutan sport ini dapat memotong hambatan udara secara signifikan, dengan fitur aliran udara yang dioptimalkan untuk meningkatkan sistem pendinginan mesin.

Selain perbaikan dari sisi aerodinamika, kendaraan konsep ini juga dilengkapi dengan ban baru yang dikembangkan dengan teknologi rolling resistance rendah. Trailer seberat kurang lebih dua ton yang diaplikasikan pada truk konsep ini, diterjemahkan oleh Volvo Trucks untuk menunjukkan peningkatan efisiensi bahan bakar dalam operasional dengan payload lebih tinggi.

Proyek ini juga mencakup peningkatan di sektor driveline, yang bertujuan meningkatkan efisiensi penggunaan jarak jauh dalam transportasi truk hingga 50%. Sayangnya, truk konsep ini belum akan diproduksi pabrikannya karena merupakan bagian dari proyek penelitian mereka. Namun beberapa fitur aerodinamis yang dipakai dalam proyek ini telah diaplikasi pada beberapa seri truk Volvo yang telah diproduksi beberapa tahun belakangan ini.

Editor : Antonius S



Sponsors

 

 

 

logo-chinatrucks300 327pix