Pahami Masalah Mesin Diesel dari Warna Asap

25 / 02 / 2016 - in Ask The Expert
Pahami Masalah Mesin Diesel dari Warna Asap

Asap dari mesin diesel bisa digunakan sebagai parameter unutk menunjukkan bahwa sesuatu yang tidak beres pada mesin truk. Indikasi masalah yang ada, berpotensi memperpendek umur mesin atau biaya yang tidak perlu. Inspeksi ini dianggap sebagai cara yang diambil untuk menghemat biaya perbaikan di masa mendatang.

Moch. Kosasih , Workshop Head PT. Catur Kokoh Mobil Nasional menjelaskan gejala asap muncul karena beberapa sebab, sehingga memperngaruhi efisiensi pembakaran misalnya muncul karbon dari mesin yang berlebihan. Sebuah mesin diesel dalam kondisi yang sehat seharusnya harus tidak mengeluarkan asap yang tampak jelas. Kepulan asap ketika pedal gas diinjak masih bisa diterima secara teknis sebagai efek normal. “Secara teknis mesin diesel ada jeda waktu, sebelum turbocharger mengirim supply ke mesin dan campuran udara bercampur solar yang diinjeksikan ke dalam ruang bakar. Jika masih menggunakan mesin diesel lama, wajar ada kepulan asap yang muncul sesaat. Tetapi jika sudah menggunakan mesin diesel modern, tidak ada asap sama sekali yang nampak jelas.” katanya.

Asap Hitam

Asap hitam asap yang paling umum yang keluar dari pembakaran di mesin diesel. Ini menunjukkan pembakaran yang miskin bahan bakar. Atau bisa karena sebab berikut ini :

Injector yang kotor atau aus

BBM terlalu penuh

Turbocharger yang rusak sebagai akibat dari kegagalan fungsi mengirim supply udara yang tidak sesuai dengan jumlah bahan bakar.

Rasio udara atau BBM yang tidak tepat

Kompresi mesin yang terlalu rendah bisa disebabkan karena ring piston atau komponen yang aus

Udara yang masuk kotor, akibat dari filter udara yang kotor

Kualitas BBM yang buruk

Kandungan karbon yang berlebihan di ruang bakar

Jika ada komponen yang rusak atau aus tentu harus segera diganti. Jangan membeli BBM sembarangan. Asap hitam dengan kandungan karbon yang tinggi merupakan zat yang tidak diinginkan dari ruang bakar mesin diesel.

Asap putih

Asap putih berarti ada bahan bakar yang sedang disuntikkan ke ruang bakar dan tidak terbakar dengan sempurna. Asap ini berbau sangat menyengat dan terkadang pedih di mata. Sebab umum muncul asap putih adalah :

Kompresi mesin yang rendah

Adanya gejala oli yang masuk ke ruang pembakaran. Campuran oli yang dibakar asapnya bisa berubah putih.

Asap putih muncul saat mesin dingin, lalu menghilang ketika mesin mulai panas disebabkan deposit yang menempel di sekitar ring piston

Air yang masuk ke ruang pembakaran akan menyebabkan asap putih.

Gasket yang rusak atau aus.

Dari gejala yang muncul bisa diketahu bagaimana penanganan yang tepat. Sehingga perbaikan bisa segera dilakukan untuk menyelesaikan masalah pada mesin diesel.

Teks : Sigit A

Foto : Giovanni V



Sponsors

GIIAS Medan Auto Show