Pemasangan Lampu Ekstra, Tetap Perhatikan Wiring Diagram

14 / 02 / 2017 - in Ask The Expert
IMG_8618 e

Penggunaan lampu tambahan di malam hari membuat sensasi mengemudi lebih aman dan area pandang semakin jelas. Keuntungan kedua adalah lampu termasuk asesoris kendaraan yang mampu memperkokoh penampilan kendaraan. Penambahan ekstra lampu dengan spesifikasi diatas lampu standar mampu membantu pengemudi meningkatkan kewaspadaan di malam hari. Kualitas lampu dan cara pasang menentukan seberapa tinggi nilai estetika truk.

Owner Bengkel Variasi Kendaraan Sinar Putra Mulia, Dwi Budi Woko mengatakan satu set lampu dengan dengan kualitas lumayan bisa berharga ratusan ribu “Ada banyak merek yang berbeda di luar untuk produk after market, semua adalah produsen terkemuka. Mulai dari modifikasi lampu untuk reli dan balap hingga kendaraan touring.” terangnya

Pemasangan lampu variasi pada kendaraan harus memperhitungkan nilai dalam watt, atau penggunaan daya. Daya yang lebih tinggi, tentu cahaya lebih terang. Ada tiga jenis utama dari lampu yaitu lampu halogen, LED (light-emitting diode) dan HID (high-intensity discharge). Setiap jenis lampu memancarkan jenis cahaya yang berbeda. Halogen yang paling murah dari ketiganya.

Pertimbangan kedua adalah lokasi tempat pemasangan lampu pada kendaraan. Beberapa negara memiliki batasan dimana lampu bisa dipasang. Sehingga untuk di Indonesia ada UU yang mengatur mengenai lampu variasi. Umumnya jika pada truk diletakkan di bagian bemper depan.

“Satu kit lampu variasi umumnya terdiri dari dua buah lampu, sistem hardware, dan kabel. Lampu halogen paling murah lalu ada LED yang lebih mahal. LED biasa terdiri dari rangkain lampu kecil atau dua paket lampu yang terdiri dari dua lampu kecil. Lampu HID adalah yang paling mahal untuk harga satu set-nya”. Tambah Budi.

Dalam paket penjualan lampu disediakan wiring diagram dan beberapa kabel untuk keperluan instalasi. Masat Zakariyah Branch Head Indomobil Prima Niaga menyarankan mematuhi aturan pemasangan lampu sesuai yang diberikan pabrikan. Jika dalam paket penjualan kabel instalasi kurang lengkap bisa membeli secara terpisah. Sebagai alternatif rangkaian kabel-kabel untuk lampu, biasanya memiliki relay, switch dashboard, sekering yang sesuai dengan ukuran rekomendasi pabrikan, konektor dan kabel untuk intalasi saklar pada dashboard.

“Pemasangan variasi lampu dan kelistrikan hendaknya tidak menggunakan kotak sekering standar, karena itu  digunakan untuk sistem kelistrikan kendaraan. Pabrikan menyediakan kotak sekering terpisah sehingga manajemen kabel tetap rapi. Jika mengikuti petunjuk wiring diagram saat instalasi semua akan aman. Tidak terjadi konsleting atau kebakaran pada sirkuit” Tutup Masat.

Teks dan Foto : Sigit A



Sponsors

GIIAS Medan Auto Show