Perawatan Dump Truck

28 / 12 / 2016 - in Ask The Expert, News
dump-truk-hino-lohan-fm-1-b9527xe-tahun-2007

Perawatan merupakan komponen penting dari bisnis dump truck. Pengusaha truk yang fokus di bisnis konstruksi dan tambang membutuhkan kinerja dump truck yang andal. Perawatan adalah kunci umur panjang kendaraan karena biaya perawatan tidak semahal perbaikan kerusakan kendaraan.

Moch. Kosasih, Workshop Head PT Hino Catur Kokoh Mobil Nasional mengatakan, perawatan memegang peranan penting dalam bisnis angkutan. Sisi buruknya, pengusaha sering melakukan praktik overload yang jelas memperpendek umur kendaraan. Semua dump truck memiliki batas kemampuan maksimum yang tidak boleh dilampaui. Yang paling berisiko adalah kelebihan beban. Hal ini akan mengurangi kontrol kendaraan dan potensi kecelakaan meningkat. Perhatikan hal-hal berikut :

  • Pengemudi harap memperhatian bahwa kendaraan bermuatan dan tidak bermuatan memiliki kontrol yang berbeda. Jarak antar kendaraan, percepatan, dan respons kemudi harus pada kondisi puncak.
  • Dump truck sangat beresiko saat bak dinaikkan. Ada risiko truk terbalik saat berjalan di permukaan jalan yang tidak rata.
  • Saat bak dump dinaikkan jangan ada orang di sekitar bak dump. Area ini sangat berbahaya.
  • Ketika meninggalkan area loading pastikan untuk membersihkan kotoran atau kerikil di bagian dalam dan sisi. Karena ketika di jalan hal ini akan sangat membahayakan pengendara lain yang berada di belakang dump truck.
  • Jika bisa, pastikan untuk menutupi muatan, ini untuk mencegah terpaan angin yang keras saat di jalan.

Berikut beberapa tips perawatan dump truck untuk menjaga kondisi tetap prima

  1. Seperti halnya mesin diesel yang lain, periksa ketersediaan bahan bakar. Lakukan pemanasan mesin terlebih dahulu selama kira-kira lima menit.
  2. Gunakan oli mesin yang direkomendasikan pabrikan dan periksa ketinggian oli lebih sering untuk truk yang beredar di area tambang. “Perawatan di daerah tambang harus lebih sering daripada jalanan. Untuk lokasi tambang yang ekstrim bisa cek dalam satu minggu bisa dua kali,” kata Rudy H. Kepala Produksi Unit I Nugraha Karoseri.
  3. Ganti filter solar secara rutin. “Bahkan periksa lebih sering lagi daripada truk pada umumnya. Area berdebu bisa sangat mempercepat filter yang kotor,” tambah Kosasih. Penggantian komponen secara rutin mencegah kotoran halus masuk ke mesin.

Bagaimana memaksimalkan kemampuan dump? atau bagaimana agar dump truck bisa bekerja dengan lebih efisien? Baca selengkapnya di rubrik Tips dan Trik TruckMagz edisi 17 bulan November 2015 pada halaman 70  https://www.getscoop.com/id/majalah/truck-magz/ed-17-nov-2015

Teks : Sigit A



Sponsors

TruckMagz Konstruksi Indonesia

TruckMagz Transport, Logistics & Maritime

GIIAS TruckMagz 2017