OtoBus

Persaingan Sengit Layanan Bus Malam Double Decker

28 / 08 / 2018 - in Berita

Layanan transportasi bus malam bertingkat, yang biasa disebut bus double decker atau super double decker (SDD), semakin sengit persaingannya terutama di Pulau Jawa. Terlebih belakangan ini perusahaan otobus (PO) Harapan Jaya di Jawa Timur juga sudah mengoperasikan dua unit bus SDD berplatform Scania K410 B 6×2 dari Karoseri Adi Putro.

Dua armada bus SDD PO Harapan Jaya berkelir kombinasi putih, oranye dan kuning ini dioperasikan untuk trayek Maospati (Magetan)-Jakarta dengan tiga pilihan kelas di setiap pemberangkatannya. Yakni kelas Eksekutif dengan tarif Rp 285 ribu per orang, kelas SL Rp 385 per penumpang, dan kelas Sleeper yang memberi layanan fasilitas tempat tidur di kabin bus bertarif Rp 500 ribu per penumpang.

Kabarnya, PO Harapan Jaya juga masih memesan satu unit bus double decker lagi yang menurut rencana akan dioperasikan di trayek Jakarta-Solo-Kediri-Tulungagung dengan platform Scania K410 IB 6×2.

Sementara itu, PO Lorena dan PO Karina yang berbasis di Bogor milik grup usaha PT Eka Sari Lorena Tbk ini boleh dibilang merupakan PO yang saat ini memiliki armada bus SDD terbanyak di Indonesia. Totalnya ada 12 armada bus SDD untuk melayani berbagai trayek gemuknya di Pulau Jawa seperti Bogor-Jakarta Pulogebang-Semarang-Surabaya-Bangkalan-Sumenep (PP), dan trayek Bogor-Jakarta Pulogebang-Semarang-Surabaya-Malang (PP). Bus-bus SDD milik PO Lorena dan PO Karina ini berbasis sasis bus Mercedes-Benz.

Selama ini PO Lorena dan PO Karina memang dikenal sebagai pelanggan loyal Mercedes-Benz. Tidak heran jika seluruh armada bus SDD, sebagaimana armada-armada bus malam PO Lorena dan PO Karina lainnya, menggunakan sasis Mercedes-Benz yang sudah dilengkapi fitur-fitur keselamatan terkini seperti ABS, ESP dan ASR. Untuk armada SDD, digunakan sasis Mercedes-Benz OC 500 RF 2542. Begitu banyaknya armada bus malam AKAP tipe SDD yang dimiliki PO Lorena dan PO Karina saat ini, menjadikan kedua PO ini sebagai pembeli sasis Mercedes-Benz OC 500 RF 2542 tipe double decker terbanyak di Indonesia saat ini.

Mercedes-Benz commercial vehicle melalui distributor tunggalnya di Indonesia, PT Daimler Commercial Vehicles Indonesia (DCVI), pun menggelar acara prosesi seremoni khusus hand over (serah terima) bus Mercedes-Benz OC 500 RF 2542 dari Mercedes-Benz kepada PO Lorena dan PO Karina di ajang pameran kendaraan komersial Mercedes-Benz bertajuk Mercedes-Benz Commercial Vehicle Expo pada Mei 2017 lalu di ICE, BSD City, Tangerang. Setelah itu prosesi serupa juga digelar Mercedes-Benz di workshop center mereka di Jl. RE Martadinata, Ciputat, Tangerang Selatan.

Menurut keterangan resmi manajemen PT Eka Sari Lorena Tbk, bus-bus tersebut dilengkapi TV di setiap bangku penumpang yang siap menayangkan puluhan film dan musik, jenis bangku yang terbuat dari kulit dan dilengkapi sandaran kaki (leg rest), AC, toilet, water dispenser dan ruangan merokok. Armada ini pun menjadi terobosan PO ini untuk meningkatkan daya saing perseroan dan meningkatkan kualitas pelayanan kepada para pelanggan.

Sedangkan pemain lain di layanan bus double decker adalah PO Sinar Jaya yang mengoperasikan dua unit bus SDD, dengan karoseri Adi Putro menggunakan platform Mercedes-Benz OC 500 RF 2542. Armada ini dioperasikan di trayek jarak dekat, Terminal Pulo Gebang Jakarta-Pekalongan (PP).

Perusahaan otobus yang paling baru mengikuti jejak operator bus malam lainnya mengoperasikan armada SDD adalah PO Garuda Mas. Perusahaan otobus ini dikenal memiliki pelanggan yang kuat dan loyal di trayek Jabodetabek tujuan kota-kota di bagian utara Jawa Tengah seperti Purwodadi, Blora dan Cepu.

PO Garuda Mas membeli dua unit bus SDD untuk memperkuat layanan transportasi bus malamnya, dan lagi-lagi memercayakan penggarapan bodi bus untuk armada SDD-nya ini kepada Karoseri Adi Putro, Malang. Sementara sasis yang digunakan adalah Mercedes-Benz OC 500 RF 2542. Dua armada bus double decker PO Garuda Mas ini siap dioperasikan di jurusan Jakarta-Purwodadi-Blora sekitar bulan Februari 2018.

Ada pula operator non-bus malam yang menyediakan layanan bus double decker ke penumpangnya dengan kelas Patas. Yakni PO Efisiensi, Purwokerto. Perusahaan otobus ini memiliki satu unit armada bus double decker Mercedes-Benz OC 500 RF 2542 untuk melayani trayek Purwokerto-Yogyakarta.

 

Editor: Antonius
Foto: Dok. TruckMagz



Related Articles

Sponsors

 

 

 

logo-chinatrucks300 327pix