Pos Logistics: Jaringan Kita Terluas se-Indonesia

02 / 09 / 2017 - in News
Pos Logistics

Pos Logistics sebagai anak perusahaan PT Pos Indonesia memosisikan dirinya sebagai penyedia logistik dengan jaringan terluas di Indonesia. Meskipun baru didirikan pada Februari 2012, Pos Logistics yakin mampu bersaing memanfaatkan jaringan dari Pos Indonesia yang sudah terbangun di seluruh Indonesia, dengan 4.367 kantor cabang dan 33.000 titik penjualan. Perusahaan yang mulanya hanya sebuah proyek bisnis logistik pada tahun 2004 enggan berlama-lama menggantungkan diri  ke induk perusahaannya.

“Tujuan PT Pos Indonesia mendirikan Pos Logistics bukan untuk menangani kebutuhan dan operasional logistik di PT Pos Indonesia. Pos Logistics tidak bisa disamakan dengan perusahaan logistik plat merah lainnya yang mulanya didirikan untuk memenuhi kebutuhan logistik perusahaan induknya. Seperti PT Jasa Prima Logistik yang 95 persen pendapatannya diperoleh dari perusahaan induknya, Bulog (Badan Urusan Logistik),” jelas Yuzon Erman Chief Commercial Officer  PT Pos Logistik Indonesia dalam diskusi logistik di Jakarta (12/8).

Yuzon kembali menegaskan, Pos Logistics didirikan bukan untuk memenuhi kebutuhan logistic PT Pos Indonesia, walaupun dalam perjalanannya kami dipercaya oleh perusahaan induk itu soal lain. Menurutnya, anak perusahaann yang terlalu menggantungkan pendapatan dari perusahaan induk akan susah terlepas. “Kami memang belum memiliki pengalaman panjang. Tapi kami optimis, karena positioning Pos Logistics adalah sebagai penyedia jasa logistik dengan ketersebaran jaringan terluas di Indonesia,”tuturnya.

Ia kemudian berkisah  tentang perjalanan berdirinya Pos Logistics. Menurutnya,sSebagai  perusahaan kurir, PT Pos Indonesia memiliki keterbatasan ketika melakukan pengiriman ke luar negeri, dimana terdapat batasan beban barang maksimum. Misalnya, untuk satu kali pengiriman per orang untuk angkutan udara dibatasi maksimum 20 kg dan angkutan laut dibatasi 30 kg. Oleh karena itu, pendirian Pos Logistics tujuannya untuk memperluas pasar yang belum tertangani PT Pos Indonesia khususnya konsumen dari segmen korporasi yang volume barangnya lebih besar.

 

Teks: Abdul
Editor: Antonius
Foto: Pos Logistics

 

 



Related Articles

Sponsors

TruckMagz Konstruksi Indonesia

TruckMagz Transport, Logistics & Maritime

GIIAS TruckMagz 2017