Profil Bisnis: PT Antika Raya

09 / 02 / 2015 - in CEO Interview

PT Antika Raya – Utamakan Service Excellent

Berawal dari perusahaan keluarga yang didirikan di Surabaya pada bulan Juli 1976, Antika Raya memulai usaha dibidang Automotive sebagai Main Distributor Tuff-Kote-Dinol produk antikarat Kendaraan Bermotor ternama dari Swedia untuk wilayah Jawa Timur dan Bali. Sebagai agen, produk anti karat, setiap hari kayawan memoleskan lapisan anti karat pada mobil yang datang ke bengkel. Dan hal itu masih Antika Raya lakukan sampai sekarang meskipun perusahaan sudah terkenal sebagai perusahaan karoseri.

Usaha awal ini masih menggunakan kantor lama Antika Raya di Jalan Demak Surabaya. Demi membesarkan perusahaan, usaha tak berhenti hanya sebagai agen anti karat saja. Keinginan itu diwujudkan dengan menjadi agen Cargo Box dari Karoseri Saluyu yang berkantor pusat di Bandung. Sebagai agen tentu mengalami kesulitan saat ada komplain dari klien, dimana keluhan klien harus diatasi sendiri, misalnya memperbaiki kebocoran dan penyok dari cargo box. Dari situlah muncul ide untuk membuat sendiri cargo box. Pada tahun 1979 Antika Raya mulai memperluas bidang usahanya ke industri karoseri (vehicle body manufacturer).

Produk awal Antika Raya pada saat itu adalah Cargo Box dari Aluminium dan Steel untuk kendaraan komersil. Produk inilah yang sampai sekarang turut ikut dalam membesarkan nama perusahaan. Sampai saat ini, produk cargo box-nya sudah dipakai oleh di hampir seluruh kota-kota besar di Jawa. Karena Cargo Box memiliki fungsi yang cukup luas sebagai penunjang kebutuhan transportasi sektor perdagangan dan industri di wilayah Jawa Timur dan sekitarnya.

Perkembangan perusahaan sedikit banyak mempengaruhi cakupan pasar, inovasi produk, pengembangan sumber daya manusia (human resources) yang dimiliki. Perusahaan secara bertahap terus berkembang semebari memperbaiki diri. Dalam inovasi, Antika patut mendapat mendapat pujian perjalanan usaha mereka mendapat sorotan pemerintah hingga dianugerahi Upakarti oleh Presiden Soeharto tahun 1991.

Sebelum menjelaskan lebih jauh lagi tentang produk karoserinya, Jimmy Tenacious selaku Direktur PT Antika Raya menjelaskan bisnis karoseri di Indonesia. “Industri karoseri terbagi dalam dua hal pokok, karoseri yang mengangkut barang dan karoseri yang mengangkut penumpang” terangnya. Ia menambahkan perkembangan dalam perusahaan tergantung dari inti industri yang diambil. Antika Raya juga tidak sembarangan membuat produk karoseri, karena jika terlalu luas, perusahaan juga tidak mau ambil resiko mempertaruhkan reputasi dan spesialiasasi demi order semata.

Pengembangan dalam hal angkutan barang, sangat perlu memperhatikan pasar. Perkembangan ini juga yang menuntut inovasi dan service, maka dari itu perusahaan menghasilkan jenis produk karoseri lain seperti Bak Besi (Steel Platform), Dump Body, Trailer, Pemadam Kebakaran, Tanker, Arm Roll, Aerial Platform, Hi-Wing Box, Tail Gate dan lain-lain.

Permintaan produk karoseri angkutan penumpang tidak sedikit datang dari klien, dengan bijkasana Jimmy menolak karena sedang fokus pada angkutan barang. “Semisal nanti ada fasilitas baru dan pabrik baru, kita juga akan mengarah kesana. Saat itu juga kita tidak ingin produksi produk sembarangan, karena nama jadi taruhan” terangnya menjelaskan fokus perusahaan. Perusahaan sudah punya 7 lokasi tersebar di Indonesia, yaitu Surabaya, Jakarta, Bandung, Solo, Semarang, Denpasar, Makasar. Satu lagi cabang di Australia, tak jarang pula bertukar pengetahuan dan alih teknologi dengan yang ada di sana.

Antika Raya mencoba untuk memulai memperlebar jaringan usahanya, bulan November 1990 dengan didirikannya PT. Antika Sanjaya, di Semarang, sebagai usaha pemenuhan kebutuhan transportasi sektor perdagangan dan industri di wilayah Jawa Tengah dan sekitarnya.

Tahun 1992 Antika Raya telah memiliki workshop yang dikhususkan sebagai area kerja produksi dan aktivitas kerja pendukung di kawasan Margomulyo-Surabaya Barat. Pembangunan infrastuktur kerja dilanjutkan dengan pembangunan kantor pusat yang berlokasi di Jl. Demak 153 Surabaya.

Pembanguan network di beberapa kota besar, berguna untuk menjaga service excellent terhadap klien. Ini membuktikan keseriusan Antika Raya untuk menjaga hubungan baik dengan klien. “Produk kita sudah tersebar di kota-kota besar, maka dari itu kita membangun kantor cabang di beberapa kota tersebut, semisal ada kerusakan kita bisa lebih cepat support karena dekat dengan klien” imbuh pria lulusan University of Technology Sydney.

Dengan komitmen untuk memenuhi setiap kebutuhan pasar, maka selain menghasilkan produk karoseri umum, Antika Raya juga mulai mengembangkan produk yang menunjang kebutuhan-kebutuhan khusus pada sektor usaha seperti perkebunan, pertambangan, kehutanan, airport ground handling equipment dan lain lain.

Sembari menjelaskan produk dan spesialiasasi perusahaan, Jimmy memperlihatkan kepada kami produk-produk spesialnya yang sudah dipakai BUMN dan pemerintah. “Untuk produk spesial kami seperti pemadam kebakaran, mungkin akan sangat jarang sekali melihatnya” imbuh pria yang hobi travelling.

Melalui perjalanan dan pengalaman panjang, Antika Raya menyadari bahwa faktor human merupakan, aktor utama dalam industri apapun. Ini tentu menjadi fokus utama dalam setiap keputusan besar yang akan diambil perusahaan. Antika Raya secara berkesinambungan membekali Sumber Daya Manusia yang dimiliki dengan pelatihan-pelatihan internal ataupun melalui kerja sama dengan lembaga pelatihan, agar karyawan yang dimiliki dapat memberikan kinerja terbaiknya.

Standar Perusahaan

Antika Raya menerapkan standar kerja tinggi yang mengutamakan efisiensi dan efektifitas tenaga kerja, kontrol kualitas produk yang ketat. Salah satu Standar Internasional yang sudah diterapkan Antika Raya adalah IS0 9001:2008 mengenai Manajemen Mutu yang berorientasi pada Kepuasan Pelanggan, tersertifikasi sejak Juli 2010.

Selain itu juga, perusahaan memiliki standar NFPA. NFPA akan menghasilkan kualitas kerja lebih dari setiap perencanaan, dan pembuatan fire hydrant maupun fire system yang selalu mengacu kepada standar yang ditetapkan oleh NFPA.

NFPA dibentuk pada tahun 1896 oleh sekelompok perusahaan asuransi dengan tujuan membuat standarisasi terkait dengan sistem instalasi kebakaran yang kemudian berkembang ke sistem kelistrikan dan hampir semua aspek desain dan konstruksi bangunan.

NFPA bertanggung jawab untuk 300 kode dan standar yang dirancang untuk meminimalkan risiko dan efek kebakaran dengan membentuk kriteria untuk bangunan, pengolahan, desain, layanan, dan instalasi di Amerika Serikat, serta banyak negara lainnya. Antika Raya tersertifikasi pada tahun 2010.

Bagi Antika Raya, sukses pelanggan adalah sukses Antika Raya pula. Oleh sebab itulah, memberikan layanan purna jual kepada para pelanggan adalah salah satu komitmen yang selalu dijaga oleh Antika Raya dalam usahanya untuk menjadi yang terbaik.

– Sigit Andriyono



Sponsors

TruckMagz Konstruksi Indonesia

TruckMagz Transport, Logistics & Maritime

GIIAS TruckMagz 2017