PT Surabaya Express Klien Puas, Hargai Pengguna Jalan

16 / 02 / 2015 - in CEO Interview
c_9

Pengalaman mengerjakan proyek besar bagi perusahaan transportasi yang fokus dalam bidang over dimensional cargo dan containerize selama 36 tahun ini, membuat PT Surabaya Express menjadi pemain utama segmen ini di Indonesia Timur. Perusahaan yang berdiri sejak tahun 1978 ini bergerak dalam bidang transportasi kargo berukuran besar. Dalam dunia trucking, ini disebut over dimensional cargo (ODC).

“Sejak berdiri kami sudah terjun dalam bidang over-dimensi dan transportasi kontainer, tetapi saat itu unit kami belum sebanyak seperti sekarang,” ungkap Andri Soesanto, Direktur PT Surabaya Express. Terjun di bisnis ini bukan perjalanan mudah karena jumlah armada juga berpengaruh terhadap pemasukan perusahaan.

Keterbatasaan alat pengangkutan menjadi kendala utama saat itu, mereka tidak bisa asal menerima order demi menarik banyak klien. Surabaya Express juga memperhatikan faktor keamanan kargo yang dimuat, pengalaman sopir, dan kemampuan unit pengangkutan.

Semua truk oversized perlu sopir yang berpengalaman. Setiap truk masing-masing memiliki tantangan unik berdasarkan muatan apa yang diangkut, lokasi, dan jadwal pengiriman. Ini yang membuat Surabaya Express menjadi spesialis ODC.

Sebagai salah satu perusahaan transportasi terkemuka di Indonesia, mereka memiliki poin penting yang membuat Surabaya Express tumbuh dan makin dikenal.

Pertama, peralatan tepat. Andri menjelaskan, memiliki unit transportasi yang tepat adalah langkah pertama agar berhasil menyelesaikan proyek yang tengah dipegang. “Tanpa unit pendukung itu, Surabaya Express tidak akan tumbuh dan berkembang sampai seperti ini,” ujar lulusan University of Maryland itu.

Salah satu armada yang cukup membantu adalah Modular Multi-Axle Goldhofer THP/SL. Alat ini diimpor langsung dari Jerman dan harganya juga sangat fantastis, mencapai ratusan juta. “Demi totalitas dan service excellence, saat ini kami memiliki 37 axle goldhofer. Modular ini sangat membantu kami,” papar pria dua anak ini. Peralatan pendukung lain seperti flatbeds, skeleton 20” dan 40”, sliding high bed up to 26 meters, low bed dari 6 meter sampai 18 meter dengan kapasitas 125 ton, crane dengan tonase bervariasi. Semua ditarik oleh truk bermesin hingga 500 hp.

Kedua, kargo. Muatan dengan dimensi yang luar biasa tentu membutuhkan perlindungan. Perusahaan menerapkan beberapa lapis keamanan. Misalnya, angkutan pipa migas di Tanjung Perak. Selain mengikat pipa besar tersebut dengan rantai besi, ia menambahkan cargo lashing belt, semacam tali lebar dari bahan poliester yang kuat menahan beban dengan tonase tertentu. Untuk jenis muatan yang khusus, tetap memerlukan terpal dan pengikat tambahan.

Ketiga, tim pendukung. Perusahaan trucking ODC memerlukan tim ahli yang berpengalaman dan berpengetahuan khusus untuk memastikan kargo tiba dengan selamat seperti harapan klien. “Tiap akan menerjunkan personel, saya tidak sembarangan memilih orang untuk menangani karena ini menyangkut reputasi dan tanggung jawab,” tambah pria yang menyandang sarjana ekonomi ini. Tiap akan mengerjakan proyek, mereka juga menyurvei lokasi dan muatan. Tahap berikutnya baru mengurus perizinan ke kepolisian, kantor Telkom, dan PLN setempat.

Keempat, kepercayaan klien. “Poin ini terus kami jaga karena mereka juga secara tidak langsung membesarkan nama perusahaan. Pelayanan yang sempurna membuat Surabaya Express makin dikenal sekaligus memberi perusahaan dorongan agar terus meningkatkan pelayanan yang berkualitas,” katanya.

Bangga Indonesia

Muatan dengan dimensi besar tak jarang menimbulkan kemacetan panjang. Pertimbangan dan perhitungan memilih jalur terbaik menuju destination point sangat mereka perhitungkan. “Karena bagaimanapun, kami melewati jalan umum, perusahaan ingin klien puas dengan tetap menghargai pengguna jalan lain,” katanya.

Sembari menunjukkan foto pada wartawan majalah ini, Andri menceritakan kebanggaannya terhadap Indonesia. “Kami berkesempatan memuat tiga gerbong kereta api buatan Industri Kereta Api Madiun, yang akan dikirim ke Malaysia. Kita harus bangga dengan produk dalam negeri,” imbuhnya. Perusahaan dipercaya membawa muatan dengan berat hampir 36 ton dengan panjang mencapai 14 meter dari Madiun menuju Pelabuhan Tanjung Perak.

Tiap muatan yang dibawa selalu disertai asuransi dan surat jalan karena jika terjadi musibah dalam perjalanan, pihak pengangkutan dan klien sama-sama tidak mengalami kerugian berlipat-lipat.

Semua proyek dimulai dengan perencanaan yang tepat dan persiapan matang. Personel yang turun harus benar-benar terpilih secara pengalaman. Beberapa tahap harus dilalui sebelum pengangkutan. Tak jarang, persiapan lebih lama daripada waktu pengiriman. “Faktor yang membuat persiapan menjadi lama adalah perizinan dari instansi terkait,” tambah Andri. Perizinan beserta survei lokasi bisa hampir satu bulan tetapi itu juga sangat jarang terjadi. Aspek penentu lain adalah lokasi. Jika rute pengangkutan melewati area industri vital seperti jalan kota atau berdekatan dengan kawasan industri, proses persiapan bisa lebih dari seminggu. Hal ini karena terkait dengan jaringan kabel listrik dan telepon di area itu.

Muatan dengan dimensi yang tinggi dan lebar memerlukan toleransi rute yang besar pula. Rute harus bebas dari kabel atau pengguna jalan lain. Karena itu, hampir di semua proyeknya, Surabaya Express selalu melibatkan pihak kepolisian untuk pengawalan.

Andri berharap, dedikasi mereka didukung dengan kebijakan pemerintah dalam bidang pengangkutan ODC pada masa mendatang. Karena sektor ini akan sangat terbantu jika infrastruktur dan urusan perizinan lebih mudah. Walau ia mengakui, selama ini mereka tidak pernah mengalami kesulitan berarti dalam hal izin atau pengawalan. Pelaku bisnis transportasi sangat terbantu dengan dukungan pemerintah.
 – Sigit Andriyono



Sponsors

GIIAS Medan Auto Show