Risma Beberkan Resep Benahi Logistik Perkotaan di Surabaya

12 / 09 / 2017 - in News
IMG_20170912_223629 e

Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian bekerjasama dengan Temasek Foundation dan The Logistics Institute dari National University of Singapore menggelar program Urban Logistics and Land Transportation Management untuk mengharmonisasi logistik perkotaan.

Hadir dalam acara antara lain Direktur Eksekutif The Logistics Institute Asia Pasific National University of Singapore Robert de Souza, Deputi Bidang Koordinasi Perniagaan dan Industri Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Edy Putra, Asisten Deputi Pengembangan Logistik Nasional Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Erwin Raza, Asisten Deputi Pengembangan Ekonomi Kreatif Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Mira Thayiba, Walikota Surabaya Tri Rismaharini, dan Deputy CEO Kamadjaja Logistics Ivy Kamadjaja.

Dalam sambutannya Tri Rismaharini menegaskan bahwa pemerintah tidak bisa berjalan sendiri dalam menyelesaikan masalah logistik khususnya di perkotaan. Karena itu beliau menekankan pentingnya efisiensi logsitik melalui sinergi antar lembaga. “Rangkaian logistik itu tidak bisa berjalan sendiri. Solusipun juga tidak bisa diselesaikan sebagian saja tanpa melibatkan unsur lain dalam jaringan. Maka dari itu perlu sekali sinergi mulai dari pemerintah pusat, pemerintah daerah, pemerintah kota hingga BUMN untuk bisa bersama membentuk logistik perkotaan yang efisien,” jelasnya tadi siang di Ballroom Victory Hotel Ciputra World Surabaya.

Risma melanjutkan “Pelabuhan menjadi salah satu fokus kami dalam pengembangan, karena ia harus disupport oleh jaringan jalan yang baik. Kami menata jaringan jalan di Surabaya dengan sistem grid agar angkutan barang di di perkotaan bisa efektif. Selain itu jalur lingkar luar juga penting. Dukungan intermoda transport dan akses jalan tidak berbayar akan mengurangi biaya logistik, harapannya transportasi menjadi efisien,” tutupnya.

IMG_20170912_222016 e IMG_20170912_222730 e

Sebelum ijin meninggalkan acara terlebih dahulu karena ada keperluan, Risma menerima kenang-kenangan plakat dan sertifikat dari panitia yang diserahkan langsung oleh Edy Putra bersama Robert De Souza. Acara sejenis juga akan dilangsungkan pada Bulan November 2017 di Universitas Hasanuddin Makassar.

Teks : Sigit A.

Foto : Giovani V



Sponsors

TruckMagz Konstruksi Indonesia

TruckMagz Transport, Logistics & Maritime

GIIAS TruckMagz 2017