Ritase.com Bantu Kemenhub Pantau ODOL

30 / 07 / 2018 - in Berita

Ritase.com sebagai penyedia layanan logistik berbasis aplikasi dan desktop yang menghubungkan antara pemilik barang dengan transporter secara real time, turut dilibatkan oleh Kementerian Perhubungan (Kemenhub) dalam penindakkan truk pelanggar muatan berlebih dan dimensi mulai 1 Agustus.

Platform logistik ini menyediakan data informasi truk yang akan melewati jembatan timbang. Nantinya setiap truk yang terdaftar di Ritase.com akan terpantau datanya, sebelum dan sesudah diisi muatan sejak dari gudang. Informasi data mulai dari nomor polisi, jenis kendaraan, dan kapasitas muatan.

Data tersebut oleh Kemenhub akan dijadikan panduan untuk diperiksa kembali ketika truk melewati jembatan timbang. Rencananya, ada tiga lokasi jembatan timbang yang akan dijadikan sasaran uji coba, yaitu di Balonggandu, Losarang dan Widang. Kementerian Perhubungan sejauh ini  baru mengoperasikan 43 jembatan timbang dan ditargetkan tahun depan bisa mengoperasikan 92 jembatan timbang.

“Ini merupakan suatu peluang buat Ritase.com, supaya tidak hanya dianggap sebagai calo aplikasi. Tapi kita di sini ingin turut serta untuk menangani masalah Odol (over dimensi-overload) ini,” kata Iman Kusnadi.

Ritase.com nantinya juga menyediakan armada truk bagi pelanggar muatan berlebih agar bisa melansir muatannya. Pasalnya, Kemenhub akan menurunkan muatan bagi kendaraan yang melebihi muatan di atas 100 persen. Sebelumnya, pada 24 Juli lalu, Ritase.com bersama Ditjen Perhubungan Darat, Kemenhub, telah menandatangani kerja sama terkait digitalisasi jembatan timbang.

 

Teks: Abdul
Editor: Antonius
Foto: Ritase.com



Related Articles

Sponsors

 

 

 

logo-chinatrucks300 327pix