Scania Gelar Kompetisi Pengemudi Truk Pertama di Indonesia

27 / 04 / 2017 - in Events, News

Kompetisi Pengemudi

Scania Driver Competitions Indonesia 2017 sebagai ajang kompetisi kemahiran mengemudikan truk yang pertama kalinya dihelat PT United Tractors, resmi digelar di United Tractor Yard, Cakung, Jakarta Timur, Kamis (27/Apr). Kompetisi yang diikuti 390 peserta dari beragam perusahaan ini terbagi dalam dua kategori, truk dan bus.

Kompetisi ini memiliki dua materi yang dilombakan. Pertama adalah defense driving an d fuel economy yang pengujiannya dilakukan di jalan umum, dimana yang dinilai juri adalah cara mengemudi yang baik dan benar sesuai dengan regulasi serta menghasilkan pengoperasian efisien yang dideteksi melalui Scania Fleet Management System C200. Kedua adalah boardwalk and knock the king, dimana hal yang dinilai adalah kecakapan pengemudi dalam melakukan manuver.

“Event ini bertujuan untuk menguji kehandalan pengemudi sembari mengevaluasi bagaimana pola training yang sudah kita jalankan. Event ini juga bertujuan bagaimana kita melakukan training dengan pola berbeda. Jadi melalui event ini kita mengajak para pengemudi untuk semakin meningkatkan skill mengemudinya dan peduli terhadap efisiensi bahan bakar, termasuk yang paling utama adalah keselamatan,” jelas Loudy Irwanto Ellias, Director of Marketing and Truck Sales Operation in United Tractors.

Kompetisi Pengemudi

Kukuh Hendrawan, pengemudi dari PT United Tractors Semen Gresik keluar sebagai juara pertama untuk kategori truk. Pemenang juara pertama selanjutnya berhak mengikuti kompetisi lanjutan pada tingkat ASEAN di Malaysia pada tahun depan.

Menurut Loudy, ke depannya event yang baru pertama kali diadakan oleh Scania ini akan diagendakan secara rutin setiap dua tahun sekali. Sebelumnya event serupa juga telah digelar sejak 2003 lalu di negara-negara Eropa dan beberapa negara lain seperti Kenya, Malaysia, Singapura, Myanmar, Thailand, Brazil, dan Argentina. Total selama event ini digelar di 50 negara, sekitar 300 ribu pengemudi telah mengikuti kompetisi ini.

 

Teks: Abdul
Editor: Antonius
Foto: Abdul

 

 



Related Articles

Sponsors

TruckMagz Konstruksi Indonesia

TruckMagz Transport, Logistics & Maritime

GIIAS TruckMagz 2017