SCI Apresiasi Rencana Uji Coba Cha-ro

27 / 07 / 2017 - in Berita

Supply Chain Indonesia (SCI) mengapresiasi langkah PT ASDP Indonesia Ferry yang akan melakukan uji coba pengangkutan logistik menggunakan metode chassis roll on-roll off (cha-ro). Rencananya uji coba pengoperasian kapal cha-ro ini akan dilaksanakan untuk rute Merak-Surabaya dalam 1 bulan ke depan.

Menurut Senior Consultant SCI, Hafida Fahmiasari, metode cha-ro lebih efisien daripada model roll on-roll off (roro). Pasalnya, metode cha-ro menggunakan kapal feri ini tidak mengikutsertakan truk dalam perjalanan kapal. Operasional cha-ro dengan mengangkut bagian sasis trailer berikut kontainernya masuk ke kapal, sedangkan kepala truk (tractor head) dan pengemudinya tidak ikut serta ke dalam lambung kapal. Sehingga efisiensi dapat tercapai dari penurunan ongkos sopir dan biaya penyusutan maupun perawatan kendaraan.

“Produktivitas truk akan meningkat karena dapat digunakan untuk pengangkutan barang lainnya. Penggunaan cha-ro akan dapat mereduksi biaya logistik sekitar 20 persen lebih besar daripada roro,” kata Hafida. Penggunaan cha-ro, lanjut Hafida, juga bermanfaat untuk mengurangi masalah muatan lebih (overload) truk yang berdampak pada penurunan tingkat kerusakan jalan.

Jika cha-ro atau roro dapat mengalihkan penggunaan truk reguler Jakarta ke Surabaya dari jalur Pantura sebanyak 5% atau 54.000 truk per tahun dari total 1.080.000 truk, maka diperkirakan biaya perawatan jalan akan berkurang sekitar Rp 50 milyar per tahun. Hafida mengatakan, dalam jangka panjang juga perlu dipertimbangkan penggunaan metode lainnya seperti lift on-lift off (lolo). Metode ini akan lebih efisien daripada roro maupun cha-ro.

Melalui metode lift on-lift off, lanjut Hafida, yang dimuat ke kapal hanya kontainer. Sehingga truk dan sasisnya bisa digunakan untuk pengangkutan lainnya. Dengan metode lolo, kapasitas muat kapal akan lebih besar karena yang dimuat hanya kontainer yang dapat dimuat lebih padat dan ditumpuk.

 

Teks: Abdul
Editor: Antonius
Foto: Istimewa



Related Articles

Sponsors

 

logo-chinatrucks300 327pix