SCI Gelar Seminar untuk Dorong Implementasi Halal Supply Chain

18 / 03 / 2016 - in Berita

alal Supply Chain Management (Halal SCM) merupakan topik teraktual dalam industri logistik saat ini, lantaran kesadaran masyarakat muslim terhadap aspek kehalalan kian berkembang. Hal ini memicu tuntutan dalam memprioritaskan produk halal, termasuk segala jenis kegiatan penunjang rantai pasok mulai dari hulu ke hilir, yang semakin tinggi di kalangan masyarakat muslim dunia.

Halal SCM mesti pula dipahami oleh semua pelaku di industri yang terkait dengan rantai pasok produk halal ini. Mulai dari produsennya, distributor, warehousing, transporter, hingga ke tingkat pengecer/ retailer.

Terkait isu Halal SCM ini, Setijadi selaku Chairman Supply Chain Indonesia (SCI) menyatakan, Indonesia perlu segera mengembangkan rantai pasok halal karena akan menjadi salah satu faktor penentu daya saing dalam iklim persaingan global termasuk dalam era MEA saat ini. Ketertinggalan pemahaman dan implementasi seputar Halal SCM, menurut Setijadi, akan berpotensi pada pelemahan daya saing dari perusahaan tersebut di era Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA).

Salah satu alasan utama untuk mengembangkan rantai pasok halal di Indonesia, lantaran Indonesia merupakan negara berpenduduk mayoritas muslim terbesar di dunia. Persentase muslim Indonesia sekitar 12,5% dari populasi dunia, atau setara 88% dari sekitar 205 juta penduduk Indonesia.

Sementara jumlah penduduk muslim dunia sekitar 1,75 miliar atau 24% dari penduduk dunia. Hal ini menunjukkan potensi pasar rantai pasok halal yang sangat potensial untuk dikembangkan di Indonesia.

Menyikapi tren kebutuhan Halal SCM ini, Supply Chain Indonesia (SCI) sebagai lembaga independen yang aktif dalam pengkajian, pengembangan, dan penerapan keilmuan dan wawasan praktis untuk kemajuan bidang logistik dan supply chain di Indonesia, akan mengadakan seminar Workshop On Logistics & Supply Chain Management bertajuk Halal Supply Chain, Food Supply Chain Sustainability, and Dairy Supply Chain Management.

Sebagai narasumber, SCI mendaulat Dr. Ferry Jie selaku dosen senior Rantai pasokan dan Manajemen Logistik di RMIT University, Melbourne, Australia, sebagai narasumber berkompeten di acara yang akan dihelat di Hotel Karang Setra, Bandung, Jawa Barat, Sabtu (26/Mar) mendatang.

peserta Seminar terdiri dari perusahaan agribisnis, industri pengolahan makanan dan minuman, distributor, pergudangan, transporter, penyedia jasa logisstik, retailer, restoran dan hotel, rumah sakit, perguruan tinggi, instansi pemerintah, lembaga penelitian.

Untuk investasi keikutsertaan dibuka bagi umum senilai RP 1,5 juta per orang / Rp 1,2 juta per orang untuk grup (minimal 3 peserta dari 1 perusahaan/instansi). Sementara untuk kalangan akademisi ditawarkan investasi khusus senilai Rp 1,2 juta per orang / Rp 1 juta per orang untuk grup (minimal 3 peserta dari 1 perguruan tinggi). Informasi selengkapanya dapat menghubungi Sdri. Ida di 022-7205375 atau 0821-1515-9595.

Teks : Antonius S

Foto : Supply Chain Indonesia



Sponsors

 

logo-chinatrucks300 327pix