SCI Sarankan Depo Kontainer di Kawasan Tanjung Priok Direlokasi

10 / 01 / 2019 - in News
001 (7)

Suppy Chain Indonesia (SCI) menyarankan perlu ada relokasi depot kontainer di kawasan Pelabuhan Tanjung Priok. Pengamatan SCI, lokasi depot kontainer saat ini kurang tepat karena jaraknya terlalu jauh dengan kawasan industri. Idealnya lokasi depot kontainer berada di kawasan industri bukan di wilayah sekitar pelabuhan. Terlebih kegiatan ekspor dan impor dalam negeri masih terpusat di Pelabuhan Tanjung Priok berimbas pada lambannya pelayanan.

Biaya pengangkutan kontainer ekspor dan impor selalu meningkat dari tahun ke tahun. Hal tersebut disebabkan karena masalah kecepatan pengangkutan. Inefisiensi yang terjadi harus ditanggung oleh perusahaan trucking, shhiper, dan shipping line. Inefisiensi ini berdampak terhadapa peningkatan biaya logistik,” terang Setijadi, Ketua Suppy Chain Indonesia.

Diketahui selama ini, kontainer impor yang masuk ke Pelabuhan Tanjung Priok harus diturunkan isinya di beberapa kawasan industri Kemudian, kontainer kosong harus dibawa ke depot kontainer yang berada di sekitar Tanjung Priok, Cakung Cilincing, atau Marunda untuk dibersihkan, diperbaiki jika rusak, dan dipastikan kelayakannya untuk penggunaan selanjutnya.

Di depot, kontainer-kontainer kemudian ditumpuk selama rata-rata 2-4 minggu, sebelum akhirnya digunakan untuk ekspor. Setelah dipesan untuk ekspor, kontainer harus kembali menuju pabrik (wilayah industri) tempat shipper menaikkan barang yang akan diekspor. Setelah itu, kontainer dibawa kembali ke Tanjung Priok untuk dinaikkan ke kapal.

Dalam siklus proses inbound dan outbond tersebut terjadi 4 arus truk dari dan ke Pelabuhan Tanjung Priok. Yang seharusnya bisa disederhanakan menjadi 2 arus saja jika lokasi depot kontainer ada di kawasan industri dan bukan di wilayah sekitar pelabuhan,” tambahnya.

Teks: Abdul

Foto: Dok. Kawasan Berikat Nusantara



Sponsors

GIIAS

KI-2018-Web-Banner-320x327 (TruckMagz)

1cemat-banner300-80-cn 

logo-chinatrucks300 327pix

FA-CVL-Digital-Banner-300x327-pixel