Sistem Keselamatan Aktif Pada Volvo Trucks

08 / 07 / 2017 - in News, Products
Sistem Keselamatan Aktif

Dalam dekade terakhir jumlah kecelakaan serius di jalan raya yang melibatkan truk-truk besar hampir separuhnya terjadi di belahan Eropa. Hal ini diungkapkan Direktur Keselamatan Lalu Lintas dan Produk Volvo Trucks, Carl Johan Almqvist, di acara Volvo Trucks Safety Experience Day di Gothenborg, Swedia, beberapa waktu lalu.

Carl mengatakan, untuk memotong tingkat kecelakaan lalu lintas yang melibatkan pengguna jalan yang lain seperti pejalan kaki, pesepeda, dan pengendara sepeda motor perlu terus dikembangkan sejumlah solusi teknis, yang dapat membantu para pengemudi truk untuk menghindari situasi berkendara yang berpotensi berbahaya. “Selain itu, semua pengguna jalan perlu lebih sadar akan risiko yang ada di lingkungan lalu lintas dan bagaimana cara terbaik untuk menguranginya,” katanya.

Guna mengurangi risiko kecelakaan dengan kendaraan maupun pengguna jalan lainnya, menurut Carl, truk Volvo dilengkapi dengan berbagai sistem keselamatan aktif. Tetapi jika terjadi kecelakaan, sabuk pengaman adalah bagian peralatan keselamatan yang dapat dipercaya untuk aktivasi sistem keselamatan aktif ini.

Berdasarkan laporan keselamatan Truk Volvo 2017 yang diterbitkan secara eksternal dari tim riset kecelakaan Volvo Trucks, terungkap bahwa masih banyak pengemudi truk yang tidak mengenakan sabuk pengaman selama berkendara.

“Laporan tersebut mengungkapkan bahwa terlalu banyak pengemudi truk tidak menggunakan sabuk pengamannya. Meskipun kita tahu bahwa setengah dari pengemudi truk yang tidak peduli pada safety yang mengalami kecelakaan fatal dan dapat bertahan hidup. Apakah sebenernya mereka telah mengenakan sabuk pengaman?” ungkap Carl.

Menurut Head of Volvo Accident Research Team (ART) Peter Wells, upaya menekan tingkat kecelakaan di jalan sudah menjadi isu global yang sangat penting. “Itulah mengapa kami ingin menciptakan truk yang sesuai dengan kondisi riil sesuai riset yang dilakukan, agar mengurangi kecelakaan yang terjadi saat ini,” ujar Peter.

 

Editor: Antonius
Foto: Volvo Trucks Indonesia



Related Articles

Sponsors

GIIAS Medan Auto Show