Tahun ini, DPD Aptrindo Jateng & DIY Bertekad Mencanangkan sebagai Tahun Kampanye Keselamatan

06 / 08 / 2021 - in Berita

Dewan Pimpinan Daerah ( DPD ) Asosiasi Pengusaha Truk Indonesia ( Aptrindo ) Jateng & DIY masa bakti 2021-2026 yang baru terpilih melalui Musayawarah Daerah ( MUSDA ) ke 2 ( 11/6) bertekad mencanangkan tahun 2021 sebagai ‘Tahun Kampanye Keselamatan’.

Dalam kampanye keselamatan ini Aptrindo Jateng & DIY antara lain akan bekerja sama dengan Kementerian Perhubungan Republik Indonesia, Komite Nasional Keselamatan Transportasi ( KNKT ) dan Korps Lalu Lintas ( Korlantas ) Polri. Dalam Tahun Kampanye Keselamatan ini Aptrindo Jateng & DIY juga menghimbau seluruh anggotanya agar tidak lagi mempraktekkan Overdimensi dan Overloading ( ODOL )

Wakil Ketua Aptrindo Jateng & DIY Bambang Widjanarko, mengatakan, “Beberapa waktu lalu kami telah memohon kepada Dirjen Perhubungan Darat Kemenhub RI dan Ketua KNKT agar Kemenhub dan KNKT bisa memberikan up grading terhadap para pengemudi truk yang tergabung dalam Aptrindo Jateng & DIY di Semarang baik berupa teori maupun praktek lapangan meliputi Skill, Attitude, Knowledge seputar berlalu lintas menggunakan truk”, katanya.

Bambang menambahkan Aptrindo Jateng & DIY merasa prihatin karena faktor human error masih mendominasi dalam berbagai kasus kecelakaan yang melibatkan truk dan merasa perlu untuk diberikan cara pembuatan sistem manajemen keselamatan ( SMK ) dan risk jouney managemen yang baik.

Pengemudi juga diharapkan mampu mengenali fungsi dan cara menggunakan segala peralatan berteknologi tinggi yang terdapat pada kendaraan truk secara baik dan optimal.

Bambang menutup, “Namun karena situasi belum memungkinkan untuk mengadakan acara yang mengumpulkan orang banyak, maka untuk sementara kita lakukan soft launching nya secara simbolis dulu bersama Dirjen Perhubungan Darat”, jelasnya.

Kampanye Keselamatan APTRINDO JATENG & DIY bersama Direktur Penegakan Hukum Korlantas Polri Brigjend. Pol. Drs. KUSHARIYANTO, MM

Guna mensosialisasikan tahun kampanye keselamatan ini Aptrindo Jateng & DIY yang didukung oleh Doublestar Tire Indonesia, Isuzu Astra Motor Indonesia ( IAMI ) dan Hino Motor Sales Indonesia ( HMSI ) akan membagikan ribuan kaos kepada para pejabat di Kementerian Perhubungan, Korlantas Polri, KNKT, media partner serta kepada para anggota Aptrindo di seluruh Jawa Tengah.

Kampanye Keselamatan APTRINDO JATENG & DIY bersama Kasubdit Gakkum Kombes. Pol. AGUS SURYO NUGROHO, S.H, M.Hum

Editor : Sigit

Foto : Dokumen pribadi



Sponsors

logo-chinatrucks300 327pix