Terpilih 5 Pengemudi Tertib Berlalu-Lintas Versi Jasa Marga

19 / 11 / 2019 - in News

Hari kedua pelatihan defensive driving yang digelar PT Jasa Marga berlangsung di Training Center PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI), Pondok Ungu, Bekasi, Jawa Barat (19/11/19). Pada sesi praktik ini difokuskan pada dua hal, yakni pre trip inspection dan driving skills assessment. Secara khusus para peserta juga dipraktekan tentang ketrampilan pengereman darurat atau mendadak.
“Sesi praktik ini tidak ada kendala yang berarti, justru peserta merasa tertarik sebab ini hal baru bagi mereka. Maka dari itu, dengan materi ini harapan kita membuat mereka berubah dari kebiasaan lama menjadi cara mengemudi yang benar,” kata Adhie Faisal, Instruktur Indonesia Defensive Driving Center (IDDC).

Pada hari terakhir ini juga diumumkan lima peserta terbaik yang penilaian didasarkan pada hasil uji teori dan praktik. Lima peserta terbaik tersebut antara lain, Imam Mukani (Dunex), Abdul Karim (SBI Semen Indonesia), Suyanto (Perkumpulan Pengemudi Jakarta Raya), Ahmad Riki (PT Dinamika Makmur Sentosa) dan MHD Hendro (Dacota Cargo).

Terkait terselenggaranya acara, Fuad Hasyim Asyari, Training Center Departement Head IAMI mengatakan, pelatihan ini bisa menumbuhkan kepedulian terhadap mengemudi berkeselamatan. “Mudah-mudahan apa yang sudah diajarkan di kelas maupun praktik bermanfaat pagi para peserta pengemudi. Sehingga dapat menurunkan angka kecelakaan,”ujarnya.
Sementara itu, Atika Dara Prahita, Traffic Management Departement Head PT Jasa Marga berharap lewat pelatihan ini peserta bisa menjadi agen perubahan disiplin berlalu – lintas. Sekaligus sebagai contoh bagi pengemudi yang lain dengan cara berbagi ilmu antar sesama pengemudi.

“Dua hari ini berlangsung dengan mengesankan, semoga program pelatihan ini bisa berlanjut pada tahun-tahun akan datang. Dan yang paling penting budaya disiplin berlalu –lintasnya semakin baik terutama ketika meliwati jalan Tol,” tambahnya. Diketahui, pelatihan bertajuk ‘Jasa Marga Tertib Berlalu-lintas’ terselengara atas kerjasama PT Jasa Marga dengan Isuzu, Kementerian Perhubungan, Kementrian PUPR dan Korlantas Polri. Peserta diikuti 50 pengemudi yang berasal dari puluhan perusahaan logistik di area Jabodetabek.

Teks: Abdul
Foto: Anton



Sponsors

 

 

AFFA-logisticsphotocontest 

logo-chinatrucks300 327pix