Tindak Lanjuti Pelaku ODOL, DPD Aptrindo Jatim Sambangi Kantor BPTD XI Jatim

09 / 11 / 2018 - in News
WhatsApp Image 2018-11-08 at 4.44.47 PM

Sejak 1 Agustus 2018 Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melakukan penertiban Over Dimensi Over Load (ODOL). Truk yang kedapatan kelebihan muatan akan ditilang sesuai aturan. Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi berharap, penertiban truk ODOL bisa mencegah kerusakan jalan raya serta ritase angkutan barang berbasis truk bisa naik. Budi Karya memperkirakan, bila angkutan barang tertib, produktivitas truk yang selama ini hanya satu kali pengangkutan dalam sehari bisa naik menjadi satu setengah kali atau dua kali per hari.

Menindaklanjuti penertiban truk ODOL di Jatim kemarin sore (8/11), Ketua DPD Aptrindo Jatim Ariel Wibisone bersama perwakilan anggota bertemu secara langsung untuk berdiskusi dengan Kepala Badan Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Wilayah XI Jatim Hanura Kelana Irianto di kantornya yang berlokasi di Gayungsari Barat Surabaya.

WhatsApp Image 2018-11-08 at 4.44.48 PM

Dalam diskusi terbuka ini Ariel juga menyampaikan penegakan aturan truk ODOL di Jatim akan mendapat dukungan Aptrindo Jatim “ Kami support terus apa yang akan BPTD lakukan, bagi kami pengusaha transportasi, aturan ini menguntungkan kami karena muatan akan standar. Tetapi kami masih memiliki kendala. Pemilik barang sepertinya masih belum sadar diri, sehingga kami pihak pengangkutan yang terkena imbasnya dilapangan. Kami memohon untuk dilakukan sosialisasi ke pemilik barang terutama BUMN dan produsen besar,” bukanya.

“ Terima kasih atas dukungan dari Aptrindo Jatim. Di lapangan untuk penegakan hukum ada Unit Pelaksanaan Penimbangan Kendaraan Bermotor (UPPKB) atau Jembatan Timbang, sementara untuk Jatim masih Widang saja. Kami sudah melakukan serangkaian sosialisasi baik ke perusahaan pengangkutan dan pemilik barang, karena itu memang bagian dari laporan kami ke atasan. Kami bersama tim kerja juga akan terus bergerak ke seluruh sektor yang terkait dengan ODOL ini. Disini termasuk karoseri dan perusahaan transportasi. Dari dari data kami ada sejumlah karoseri besar yang berkantor pusat di Jatim dan tidak sedikit juga produsen besar dari satu komoditas disini. Pemilik barang khususnya perusahaan – perusahaan besar untuk semen dan pupuk juga sudah kami surati,” kata Hanura.

BPTD juga telah mengantongi sejumlah catatan tentang penertiban ODOL. Pertama, lokasi jembatan timbang perlu ditambah di jalur angkutan barang lain. “Kedua, pengawasan manifest. Untuk ini perlu kerjasama dengan pihak pengangkutan. Selama ini belum pernah ada bentuk pelaporan ke BPTD, truk-truk ini akan muat apa saja ke kami. Jika ini memang bisa dilakukan, tentu akan memberikan shock teraphy,” tambah Hanura.

“ Kami dukung itu, kami juga ada salah satu solusi yang mungkin bisa dilakukan pihak BPTD. Yaitu penimbangan portable di lokasi kawasan industri. Jadi razia ini dilakukan dengan lokasi yang sangat dekat dengan pemilik barang. Sehingga, kalaupun harus kembali ke gudang, truk ini tidak terlalu jauh dari gudang muatan. Sanksi yang ada juga perlu dipertegas sehingga bisa memberikan efek jera.” saran Ariel

Hanura setuju dengan saran yang disampaikan, “BPTD sebagai perpanjangan tangan Dinas Perhubungan juga akan tentu akan senantiasa mendukung Kemenhub dengan penindakan tilang kendaraan yang melanggar. Kemenhub juga telah bekerja sama dengan kejaksaan. Dalam penindakan misalnya pemotongan kami tidak serta merta melakukan itu, sebelumnya ada proses hukum yang harus diikuti. Baru akhirnya kendaraan yang melanggar akan dipotong. Kami menjunjung tinggi Undang Undang maka seluruh aspek akan lebih efisien. Saya sampaikan terima kasih atas laporan dan dukungannya. Kami beserta tim akan kembali melakukan sosialisasi terkait itu. Seharusnya truk yang melanggar ODOL semakin sedikit. Jika kecenderungan truk yang terkena tilang justru meningkat, maka perlu dilakukan cara atau sanksi yang bisa memberi efek jera,” ujar Hanura.

Teks : Sigit A

Foto : Giovanni V

 

 

 



Sponsors

GIIAS

KI-2018-Web-Banner-320x327 (TruckMagz)

1cemat-banner300-80-cn 

logo-chinatrucks300 327pix

FA-CVL-Digital-Banner-300x327-pixel