Trakindo Dukung Sertifikasi Kompetensi Operator Alat Berat

21 / 06 / 2017 - in Berita

Kompetensi sumber daya manusia (SDM) kini menjadi faktor penting dari investasi SDM berkualitas di hampir semua industri. Tak terkecuali bagi PT Trakindo Utama (Trakindo) selaku penyedia solusi alat berat Caterpillar di Indonesia, yang sangat concern terhadap pentingnya sertifikasi kompetensi dalam memajukan kualitas SDM untuk memenuhi kebutuhan tenaga operator dalam industri alat berat di Indonesia.

Menurut Sekretaris Jenderal Kementerian Ketenagakerjaan, Hery Sudarmanto, peningkatan kualitas SDM di Indonesia sangat penting untuk mendukung keberhasilan pembangunan nasional dan menghadapi kompetisi di era Masyarakat Ekonomi ASEAN saat ini.

“Indonesia diprediksi menjadi negara dengan ekonomi terbesar nomor 7 dengan syarat harus memiliki 113 juta pekerja berkeahlian. Saat ini Indonesia baru memiliki sekitar 50 juta pekerja berkeahlian. Oleh karena itu, pelatihan kerja dan sertifikasi kompetensi kerja merupakan bagian penting dari investasi SDM Indonesia yang berkualitas,” kata Hery dalam Bincang PERSpektif Trakindo di Gedung Kementerian Ketenagakerjaan RI, Jakarta Selatan, Selasa (20/Juni).

Pada kesempatan yang sama, Human Capital Division Head Trakindo Haris Mustarto mengatakan, Trakindo berperan aktif dalam peningkatan kompetensi SDM terampil di bidang alat berat, mengingat pentingnya kualitas teknisi dan operator alat berat dalam industri ini.

“Kami memiliki pelatihan bagi para teknisi seperti Technician Development Program untuk pengembangan keahlian dan kompetensi, serta peningkatan kualitas pelayanan kepada pelanggan. Profesi teknisi Trakindo juga memiliki standar kompetensi tertentu yang harus dipenuhi, supaya mampu menyelesaikan berbagai pekerjaan pada alat-alat berat Caterpillar yang berbeda jenis dan kapasitasnya,” ujar Haris.

Haris menambahkan bahwa terdapat 50 kompetensi umum yang wajib dimiliki oleh teknisi Trakindo. Antara lain meliputi remove and install component, unit inspection, preventive maintenance, disassemble and assemble, testing and adjusting, diagnosis and analysis, troubleshooting, serta keahlian komunikasi dan presentasi. “Kompetensi dalam pengoperasian dan perawatan alat berat yang tepat akan meningkatkan efisiensi dan produktivitas perusahaan, termasuk di industri pertambangan,” ucapnya.

Direktur PT Bukit Makmur Mandiri Utama (BUMA) Indra Kanoena mengakui bahwa sebagai perusahaan kontraktor pertambangan, pihak perseroan sangat terbantu oleh pengembangan keahlian operator dan teknisi alat berat karena dapat mendukung peningkatan efisiensi dan produktivitas perusahaan hingga 18% setiap tahun.

“Kami telah lama menjalin kerja sama dengan Trakindo untuk peningkatan pengetahuan dan keterampilan dalam pengoperasian dan perawatan alat berat Caterpillar. Kurang lebih 3.000 teknisi dan operator perusahaan telah mengikuti pelatihan dari Trakindo yang sudah mendapatkan akreditasi dari Caterpillar, dan jumlah ini akan terus meningkat di masa depan. Kemitraan dengan Trakindo akan terus berlanjut untuk memajukan pengembangan tenaga profesional dengan kualitas tinggi dan kompetensi yang tepat,” ungkap Indra.

 

Editor: Antonius
Foto: YouTube



Related Articles

Sponsors

logo-chinatrucks300 327pix