Truk MAN Kini Dibekali Fitur Telematika Berbasis Cloud

08 / 09 / 2017 - in News, Products
Truk MAN

Maschinenfabrik Augsburg-Nürnberg (MAN) sebagai pabrikan truk MAN, baru-baru ini dikabarkan tengah menghadirkan fitur RIO Box sebagai kelengkapan standar di semua varian terbaru truk MAN yang sudah berstandar Euro 6 di Eropa.

RIO Box sendiri merupakan merek produk digital terbaru milik Volkswagen Truck and Bus Group sebagai perusahaan induk MAN Truck & Bus AG, yang sejak 2017 dan seterusnya menawarkan solusi informasi berbasis cloud untuk publik di sektor transportasi dan logistik.

Hal ini sekaligus menjadikan brand RIO Box sebagai penyedia layanan sistem informasi dan aplikasi berbasis cloud yang pertama kali dapat digunakan oleh seluruh pelaku transportasi logistik dan supply chain dengan berbagai merek kendaraan dan sistem manajemen transportasi yang sudah ada.

Berdasarkan info yang dilansir situs resmi MAN Truck, pabrikan berkantor pusat di Munich,  Jerman itu mengklaim bahwa RIO Box merupakan fitur telematika yang pertama kalinya menawarkan solusi bersama tanpa melihat merek kendaraan yang dipakainya, bahkan sistem telematika yang berdiri sendiri yang sudah ada sebelumnya dan sudah dimiliki oleh konsumen fleet dapat diintegrasikan pada layanan RIO Box. Mengingat selama ini penggunaan data secara transparan di sektor transportasi sering kali tidak dapat dilakukan, karena pemain di sektor ini cenderung menggunakan beragam sistem dengan perangkat lunak yang berdiri sendiri.

Guna memastikan hal ini, MAN kini sedang membangun fondasi untuk infrastruktur masa depan ini yang dapat menghubungkan seluruh sektor transportasi dan logistik. “Melengkapi truk MAN kami dengan RIO Box merupakan langkah awal yang penting yang akan membawa kita selangkah lebih dekat dengan visi perusahaan, terkait dengan jaringan transportasi dan rantai pasok logistik secara menyeluruh. Platform ini berfungsi sebagai basis dimana pelanggan dapat mengakses layanan dengan nilai tambah digital. Dalam mengasumsikan peran perintis di sektor ini, kami secara aktif membangun masa depan logistik demi kepentingan pelanggan kami,” kata Joachim Drees, CEO MAN Truck and Bus AG.

Melalui layanan RIO Box, menurut Joachim, pelanggan dapat langsung mengakses data armada miliknya yang beragam serta menggunakan seluruh layanan di sektor transportasi dan logistik. Di sini, RIO Box bertindak sebagai interface atau penghubung antara kendaraan dan platform cloud ini.

Joachim menjelaskan bahwa saat mengembangkan RIO Box, standar tertinggi yang diterapkan adalah mengutamakan aspek privasi dan keamanan data. Sehingga pelanggan bisa memutuskan sendiri apakah ingin berbagi data dan memanfaatkan platform solusi digital ini. Fungsi tambahan yang memungkinkan dengan RIO Box meliputi analisis data kendaraan. Misalnya putaran mesin, kecepatan, level bahan bakar, atau pemakaian rem oleh pengemudi.

Keamanan server yang disertifikasi berdasarkan standar Eropa dan berbasis di Jerman, akan mentransmisikan data yang dienkripsi oleh RIO Box sebelum menyediakan seluruh data yang dibutuhkan oleh pelanggan melalui platform ini.

“Dengan RIO, pelanggan MAN akan menjadi salah satu kandidat terdepan di sektor transportasi dan logistik. Ke depannya, kita akan menggunakan RIO untuk menyediakan layanan yang tidak hanya bermanfaat bagi kami sendiri, melainkan berguna untuk mendukung layanan OEM dan layanan mitra kami yang meliputi penyedia layanan start up terkemuka seperti LoadFox, Evertracker dan Synfioo,” ujar Markus Lipinsky, CEO RIO.

 

Editor: Antonius
Foto: MAN Truck



Related Articles

Sponsors

GIIAS Medan Auto Show