Tukar Posisi Ban Dengan Tetap Mempetimbangkan Keselarasan

18 / 02 / 2016 - in Ask The Expert
Tukar Posisi Ban Dengan Tetap Mempetimbangkan Keselarasan

Dalam satu kasus ada sopir harus mengganti salah satu ban depan ketika mengalami kebocoran. Setelah selesai di tambal sopir ingin menukar posisi ban dari dari yang sebelumnya disebelah kanan menjadi sebelah kiri. Moch. Kosasih, Workshop Head PT Hino Catur Kokoh Mobil Nasional (CKMN) mengingatkan “Menukar ban dari posisi kanan ke kiri atau sebaliknya, memberikan pengaruh pada handling. Untuk menjaga kestabilan kendaraan, semua roda harus di-balancing. Karena jika semua ban tidak di-balancing termasuk roda belakang maka akan berpengaruh pada kestabilan kendaraan di jalan.” terangya saat membuka penjelasan mengenai wheel alignment pada truk medium.

Di bengkel CKMN, setiap ada permintaan balancing, mekanik akan melakukan pada semua ban. Karena ban yang balance memperkecil resiko keausan dini pada ban “Untuk menukar ban sebaikanya tidak keluar dari sumbu. Ban depan ya tukar dengan ban depan, ban belakang ya dengan ban belakang. Ada beberapa mekanik yang kadang menukar ban kanan dan ban kiri agar level keausan menjadi sama. Kedepan hal ini akan menimbulkan masalah” jelas Kosasih.

“Perbedaan tingkat keausan memiliki beberapa sebab. Mungkin saja suatu saat kedalaman alur ban akan tidak sama karena pengaruh beban muatan yang tidak merata antara ban kanan dan kiri. Itulah tugas sopir, yaitu memantau kedalaman alur ban dengan tepat. Karena jelas sekali tapak yang terlalu dangkal, harus segera diganti “ tambahnya.

Tips hemat ban adalah jangan berpikir akan menghemat biaya dengan mengganti satu ban dari sepasang sumbu roda atau trailer. Karena ini jelas akan menciptakan kedalaman tapak yang berbeda secara signifikan di kemudian hari. Sisi ban yang tidak diganti akan cepat aus dari seharusnya karena perbedaan waktu penggantian tadi. Meskipun dengan biaya yang sedikit lebih mahal lebih baik ganti keduanya secara bersamaan.

Gejala lain terkait dengan keausan bisa dilihat dari tapak ban. Hal ini merupakan indikasi dari masalah. Misalnya, pada tapak ban ada beberapa sisi yang mengalami keausan ban, ini merupakan tanda bahwa truk memiliki masalah keselarasan. Khusus dalam masalah ini, mengganti ban tidak akan menyelesaikan masalah. Kaki kaki truk harus diselaraskan.

Teks  dan Foto : Sigit A



Sponsors

GIIAS Medan Auto Show