UD Trucks Pertahankan DNA Nissan Diesel Pada Varian Quester

11 / 12 / 2016 - in Berita, Info Produk

Nama besar UD Trucks sejatinya sudah tidak asing lagi bagi para pengemudi truk di Tanah Air, lantaran sejak 30 tahun yang lalu telah mengaspal di Indonesia dengan label Nissan Diesel. Produsen medium-heavy duty truck dan bus yang berbasis di Ageo, Saitama, Jepang ini telah diakuisisi dengan 100% sahamnya telah dipegang oleh Grup Volvo sejak 2007.

Sejak 2007 hingga Februari 2010, merek Nissan Diesel berganti nama menjadi UD Trucks dengan label UD (Ultimate Dependability) yang ditampilkan secara jelas guna memisahkan identitas dari mantan kepemilikan sebelumnya, Nissan Motors. Meski perubahan nama terjadi signifikan, namun DNA Nissan diesel masih dipertahankan pada produk Quester yang khusus didedikasikan untuk pasar negara berkembang seperti Indonesia.

Bambang Widjanarko, Regional Head IBB PT Astra International UD Trucks Sales Operation, DNA Nissan Diesel yang tetap dipertahankan pada semua varian Quester yang dijajakan di Indonesia mulai dari sektor drivetrain (transmisi, as roda, gardan) hingga sektor kaki-kaki (tie rod). “Sampai sekarang masih kita absorb, sebab dari dulu orang kalau bicara Nissan Diesel pasti paham betul kalau transmisinya jarang turun (overhaul) sampai mobilnya jelek sekalipun,” ungkap Bambang di sela acara aktivasi Going the Extra Mile, area SPBU Tol Jakarta-Merak Km.43, Balaraja, Selasa (6/Des) lalu.

DNA Nissan Diesel
UD Trucks

Truk yang identik dengan utilitas tinggi untuk mengangkut muatan dengan bobot lebih besar, sangat ditentukan oleh karakteristik serta kekuatan sasis atau rangka dari kendaraan itu sendiri. “Kalau bicara sasis, jika dibandingkan dengan kompetitor, kemampuannya masih lebih besar milik UD Trucks. Karena semuanya mulai dari depan sampai belakang sudah reinforced (diperkuat), selain itu sasisnya tidak banyak memiliki lubang-lubang yang akan berdampak pada kekuatan sasis menjadi berkurang sehingga akan memicu crack (retak). Pada Quester memang disiapkan lubang pada sasis, namun sekadar untuk attachment untuk pembuatan karoseri dan lubangnya juga secukupnya,” jelas Bambang.

DNA Nissan Diesel
Istimewa

Sentuhan modern juga tersemat dengan fitur telematik yang sudah tersedia pada Quester dengan tahun produksi 2015. Fitur ini, menurut Bambang, akan dijadikan salah satu selling point untuk memperkuat posisinya dalam persaingan di pasar kendaraan komersial Indonesia. “Untuk aktivasi, konsumen cukup membayar biaya abonemen providernya saja sekitar Rp 3,5 juta per tahun, sementara alatnya sudah terpasang pada unit Quester mulai produksi 2015 yang bisa dicermati dari antena kecil yang ada di sudut kiri depan plafon kabin truk,” tambahnya.

Melalui brand activity seperti Going the Extra Mile, lanjut Bambang, pihaknya akan terus menyentuh semua sisi dari konsumen mulai dari pengemudi truk, pengurus, mekanik hingga pemilik armada. “Kita juga menyelenggarakan aktivitas lain seperti UD Trucks Check & Drive yang didedikasikan bagi owner dari konsumen fleet, mengadakan sosialisasi trial telematik, bahkan untuk customer service gathering kita support untuk trial telematik,” tutup Bambang.

 

Editor: Antonius



Related Articles

Sponsors

logo-chinatrucks300 327pix