Volvo Pamer Teknologi I-Shift dan Excavator Terbesar

13 / 09 / 2017 - in News, Products
I-Shift

Volvo Trucks (VT) dan Volvo Construction Equipment (VCE) ramaikan Indonesia Mining Expo 2017 dengan menghadirkan kendaraan dan alat berat untuk industri pertambangan di JIExpo Kemayoran. Di pameran kali ini VT menghadirkan truk dengan teknologi I-shift dan VCE menampilkan excavator dan pengangkut terbesar.

Presiden Direktur Volvo Trucks, Valery Muyard mengatakan, seiring dengan prospek di sektor pertambangan yang terus membaik di Indonesia, VT dan VCE siap memperkuat posisinya sebagai market leader. ”Sejak 40 tahun yang lalu, Volvo Group di Indonesia telah berkomitmen untuk menyediakan peralatan hemat bahan bakar dan produktif ke pasar Indonesia dan jangkauan dari beragam aplikasi dan dukungan aftermarket yang tersedia di daerah terus berkembang dan meluas. Penampilan mereka di ajang Indonesia tahun ini menandai pertama kalinya produk-produk ini diperkenalkan secara resmi dalam pameran di wilayah Asia,” kata Valery, Rabu (13/Sept).

Beberapa produk yang dipamerkannya antara lain EC950E yang diklaim sebagai excavator terbesar Volvo, bersama kendaraan Articulated Dump Truck (ADT) terbesar di dunia. Tak ketinggalan beberapa varian truk heavy-duty andalannya seperti Volvo FMX 400 8x4R, FMX 440 6x6R, dan Volvo FH 16 610 5x4T.

EC950E merupakan excavator andalan Volvo yang terbukti sangat kompetitif di kelasnya, atau pada berat 90 ton. Produk ini mampu menggerakkan 35% lebih banyak material dibanding dengan EC750D yang sebelumnya merupakan mesin terbesar di jajaran eskavator Volvo. Dengan terobosan kecepatan 424 Kn dan lengan berkekuatan galian 408 Kn, EC950E menawarkan kekuatan penggalian yang superior, terutama ketika bekerja dengan material yang keras dan berat.

Sedangkan untuk A60H merupakan kendaraan yang didukung oleh mesin Volvo 16 liter, dan mampu menghasilkan tenaga sebesar 495 kW dan torsi 3,200 Nm dan hemat bahan bakar. Produk ini memberikan fleksibilitas total sehingga pelanggan dapat mengakses area kerja secara keseluruhan dan juga mampu mendaki tanjakan-tanjakan terjal. Terobosan A60H menampilkan inovasi terbaru dari Volvo, dengan drivetrain yang sesuai, 6×4 otomatis atau 6×6 kombinasi drive (termasuk 100% kunci diferensial), semua medan bogie, kemudi hidro-mekanis dan suspense aktif, mesin ini tidak terkalahkan.

Selain itu, produk ini juga dilengkapi dengan suspensi depan hidrolik aktif untuk kecepatan pengangkutan yang lebih tinggi dalam kondisi sulit, A60H mengoptimalkan kenyamanan dan stabilitas operator selama perjalanan, sehingga memungkinkan lebih banyak material dipindahkan dalam waktu yang lebih singkat untuk produktivitas yang tak tertandingi.

Sedangkan I-Shift dari Volvo Truck sangat memungkinkan untuk menambah dua crawler gears yang membuat truk mampu bergerak dan berhenti dan mengangkut muatan dalam situasi ekstrim.  I-shift dengan crawler gears menawarkan keseluruhan cakupan baru untuk truck berat dengan transmisi otomatis untuk mengatur kecepatannya saat melaju dan mundur secara perlahaan.

Penambahan crawlers gears baru membuat truk bisa melaju dengan kecepatan serendah 0,5-2 km/jam. Hal ini sangat membantu selama manuver presisi seperti pada pekerjaan konstruksi dan perawatan. Semakin berat operasi pengangkutan dan semakin buruk permukaan atau medan, semakin banyak pengemudi memperoleh keuntungan dari sebuah truk dengan crawler gears.

 

Teks: Citra
Editor: Antonius
Foto: Anton



Related Articles

Sponsors

TruckMagz Konstruksi Indonesia

TruckMagz Transport, Logistics & Maritime

GIIAS TruckMagz 2017